“Naif Kalau RI Tiru Singapura Jual Properti ke Asing”

detail berita

Kondominium di Singapura (Foto: Nur Januarita/Okezone)

JAKARTA – Indonesia Property Watch (IPW) mendukung kepemilikan asing bila Indonesia telah siap untuk itu. Namun, pada kenyataannya Indonesia sangat belum siap menerima masuknya asing ke pasar properti nasional.

Direktur Eksekutif IPW Ali Tranghanda mengatakan, pemerintah dalam hal ini janganlah selalu terbuai dengan banyaknya devisa dan pertumbuhan tinggi yang diperoleh, namun lebih melihat bagaimana mengendalikan harga tanah bila pasar asing masuk ke Indonesia.

“Kesiapan bank tanah oleh pemerintah sangat tidak siap. Karena sampai saat ini pemerintah hampir dikatakanya tidak mempunyai bank tanah yang siap dikembangkan untuk masyarakat MBR,” sebut Ali kepada Okezone, di Jakarta, Kamis (3/1/2012).

Dengan bank tanah seharusnya pemerintah dapat mengendalikan harga tanah karena tidak termasuk dalam mekanisme pasar, sehingga pemerintah dapat mematok harga tanah sesuai kemampuan MBR.

Belum siapnya pemerintah menjadi salah satu alasan Indonesia Property Watch menolak kepemilikan asing di Indonesia. “Bila kita berkaca dari negara Singapura, maka menjadi naif membandingkan kondisi fundamental yang ada. Karena di sana hanya kurang dari 10 persen masyarakatnya yang belum mempunyai rumah,” jelasnya.

Dan perlu diingat salah satu faktor mengapa pasar properti Indonesia tidak terkena dampak krisis Eropa, lebih karena pasar properti nasional yang dikuasai pasar lokal yang kuat dan bukanlah semata-mata asing. “Dengan pasar lokal yang kuat, maka goncangan dari negara lain tidak akan mempengaruhi pasar properti nasional secara signifikan,” imbuhnya. (NJB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s