Pesatnya Hotel Baru Bisa Jadi Bumerang untuk Bali

Pantai Kuta, Bali, nan elok (Foto: Rohmat/Okezone)

Pantai Kuta, Bali, nan elok (Foto: Rohmat/Okezone)

DENPASAR – Pembangunan hotel dirasa kian tak terkendali di Pulau Bali. Bahkan, sebagian di antaranya tidak memperhatikan daya dukung, yang suatu saat akan bisa menjadi bumerang bagi pariwisata Pulau Dewata.

Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Denpasar Ida Bagus Gede Sidharta Putra mengungkapkan, pembangunan hotel baru harus memperhatikan daya dukung setempat. “Pembangunan hotel harus memperhatian daya dukung setempat agar di masa mendatang justru tidak menjadi bumerang,” katanya di Denpasar, baru-baru ini.

Pesatnya pembangunan hotel yang membidik beberapa segmen pasar kian menambah kompleksnya persoalan, seperti perang tarif dan turunnya daya tarik. Pasalnya, ada kecenderungan hotel-hotel baru bermunculan lebih menerapkan arisitektur minimalis. Hal itu jauh dari otentitas dan identitas Bali, yang dikagumi terutama oleh wisatawan mancanegara. Dia berharap pemerintah memperketat pemberian izin hotel dan mencermati keseimbangan antara supply dan demand.

Di samping pembangunan hotel, pria yang disapa Gusde ini menyoroti penambahan infrastruktur, seperti underpass, jalan tol di atas laut, dan perluasan Bandara Ngurah Rai, yang benar-benar bisa mengatasi kemacetan lalu lintas dan problem transportasi secara menyeluruh.

“Penambahan fasilitas lainnya jangan sampai membenahi Bali dengan cara copy paste Singapura, Thailand, atau daerah lainnya, tetapi bagaimana semakin memberi nilai lebih dengan jati diri Bali yang menjadi kekuatan dan keunggulannya,” ucap Gusde.

Gusde mengutip kesan artis Jeremy Thomas yang sempat berakhir tahun di Sanur bahwa aura, keautentikan, dan magical spirit destinasi wisata pantai ini harus diproteksi dari pariwisata masif.

“Saya kira Sanur harus dipertahankan agar tetap tenang dan menjadi destinasi wisata yang sesungguhnya dicari wisatawan,” tutup pengelola Hotel Griya Santrian, Sanur, ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s