info property : Asing Bisa Miliki Properti di RI, Apa Dampaknya?

detail berita

(Foto: Runi Sari B/Okezone)

JAKARTA– Menyoal kepemilikan properti oleh warga aisng di Indonesia, Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda mengemukakan, perlu adanya aturan dan batasan yang jelas mengenai jenis dan batasan harga properti yang dijual, siapa yang dimaksud orang asing, dan bagaimana kompensasinya untuk pemenuhan hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang belum memiliki rumah.

Dampak positifnya tentu saja negara akan banyak memperoleh devisa dan pertumbuhan bisnis properti dalam negeri juga semakin tinggi. Tapi jangan diabaikan dampak buruknya, sebab akan melecut harga tanah semakin tinggi dan MBR semakin  kehilangan mimpinya untuk mempunyai rumah,” sebut Ali kepada Okezone, di Jakarta, Kamis, 3 Januari.

Batasan dan pemisahan hak kepemilikan horisontal bisa saja dibuat. Namun masalahnya tidaklah sesederhana itu. Karena ketika asing beramai-ramai membeli properti di Indonesia, harga properti akan naik berlipat-lipat dan perlu diwaspadai bubble properti karena harga yang terjadi akan melonjak sangat tajam.

Menurutnya, hal ini lebih dikarenakan patokan harga properti yang ada bukanlah patokan harga lokal lagi, melainkan harga pasar properti regional yang relatif lebih tinggi dibandingkan properti nasional. “Dengan naiknya harga properti, maka tidak mungkin dan tidak masuk akal bila ada sebagian orang yang menyatakan harga tanah tidak akan naik,” imbuh dia.

Ali menyarankan, jika aturan ini benar-benar diberlakukan, maka sebaiknya ada kompensasi kepada MBR. Misalkan dengan memberikan beberapa persen dari harga properti asing tersebut kepada pemerintah daerah (Pemda) untuk dibangun rusunami atau untuk beli tanah cadangan (landbank).

“Selain itu, untuk jangka panjangnya harus ada badan otorita yang dibentuk untuk mengatur, mengawasi dan mengelola hasil dari penjualan properti ke asing tersebut. Makanya pemerintah kita harus benar-benar siap dulu,” ujar Ali. (NJB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s