info kuliner : Menu Sehat & Piring Kecil Warnai Tren Kuliner 2013

detail berita

Tren kuliner (Foto:sheknows)
SETIAP tahun, kuliner selalu menggulirkan tren baru. Jadi, hidangan dengan tampilan seperti apa yang akan menjadi tren di 2013?Lima tren terbesar dalam dunia kuliner akan mempengaruhi pilihan Anda ketika memasuki restoran, juga sajian di rumah Anda.

Dalam beberapa tahun terakhir, hamburger, hotdog, dan berbagai jenis olahan daging menguasai pilihan penikmat kuliner. Kini, tren bergulir; sebagian muncul sedangkan sebagian lainnya berganti. Berikut lima tren di dunia kuliner, seperti dilansir Sheknows:

Menu sehat
Di 2013, mulai banyak sajian restoran yang mengusung menu sehat, khususnya untuk anak-anak. Misalnya, hamburger mulai tanpa krim dan mentega. Perubahan ini kemungkinan karena tingginya tingkat obesitas pada anak-anak.

Kalori makanan untuk orang dewasa juga akan dikurangi. Konsumen mulai menikmati makanan sehat, sementara sebagian lain akan memilih makanan sehat bila rasanya juga sesuai selera.

Porsi dikurangi
Karena banyak orang mulai memikirkan kesehatan, maka akan banyak makanan yang porsinya dikurangi. Sebagian restoran juga memanjakan konsumennya dengan makanan mentah, yang mengajak mereka mengolah sendiri layaknya di rumah.

Piring lebih kecil
Banyak juga restoran yang mulai menggunakan piring lebih kecil. Piring kecil memungkinkan konsumen memiliki pengalaman bersantap lebih menyenangkan karena mereka tidak khawatir dengan porsinya.

Makanan lokal tetap populer

Ada kecenderungan bahwa makanan lokal masih digandrungi. Ini bukan berlaku di tahun 2013 saja, tetapi di setiap tahunnya. Makanan lokal tetap dicari sebagai pengobat kejenuhan makan di restoran. Pasalnya, makanan lokal sering disajikan secara tradisional, sebagai nilai kekuatannya. Berburu makanan lokal juga menjadi aktivitas wajib saat berlibur.

Kuliner Asia naik pamor
2013 bisa dibilang menjadi momen naiknya pamor makanan Asia. Bahkan, kuliner Asia sudah menjadi bagian dari kuliner dunia, sebut saja masakan China, Jepang yang terkenal dengan sushi, olahan mi Thailand, dan sebagainya.

Di 2013 inipun masakan Asia akan mulai mengurangi citarasa Eropa dan Amerika. Misalnya, pangsit ayam, ayam goreng, dan sebagainya dengan bumbu Asia yang kental.

Restoran yang menyajikan menu fusion Asia membuat makanan Asia lebih berkembang di dunia. Pasalnya, kuliner Asia bisa dikombinasikan dengan masakan dari negara lainnya. (ftr)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s