info wisata : Merapi Masih Menjadi Destinasi Wisata Favorit

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Wisatawan menyusuri lereng Merapi di Dusun Petung, Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, dengan menggunakan kendaraan jip wisata yang disewakan dengan tarif berkisar Rp 250.000 per perjalanan, Selasa (10/7/2012). Berbagai paket wisata terus dikembangkan di kawasan tersebut untuk membantu membangkitkan perekonomian warga yang terkena dampak erupsi Merapi.

 

SLEMAN, KOMPAS.com – Wisatawan yang berkunjung ke sejumlah obyek wisata andalan di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada libur Natal 2012 dan Tahun Baru 2013 mencapai 187.185 orang.

“Wisatawan-wisatawan tersebut sebagian besar mengunjungi obyek wisata favorit di lereng Gunung Merapi, seperti Kaliurang, kawasan Vulcano Tour Merapi di Cangkringan, Museum Gunungapi Merapi dan Jeep Wisata Merapi off Road,” kata Kepala Seksi Dokumentasi dan Informasi Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman, Wasita, Kamis (3/1/2013).

Menurut dia, selain obyek wisata di lereng Gunung Merapi, lokasi lain yang juga dipadati wisatawan di antaranya adalah Candi Prambanan, Museum Jogja Kembali dan Museum Dirgantara Mandala.

“Sejumlah desa wisata di Kabupaten Sleman pada liburan akhir tahun ini juga banyak mendapat kunjungan wisatawan, hanya saja untuk jumlah totalnya belum dilakukan pendataan,” katanya.

Wasita memaparkan, jumlah kunjungan wisatawan tersebut meliputi Pos Retribusi Kaliurang sebanyak 26.149 orang, Taman Nasional Gunung Merapi atau Pos Tlogo Muncar dan Pos Goa Jepang sebanyak 6.368 pengunjung dan Taman Rekreasi Anak sebanyak 3.234 pengunjung.

“Kemudian Vulcano Tour di kawasan Cangkringan sebanyak 26.600 pengunjung, Museum Gunungapi Merapi 18.397 pengunjung yang meliputi 18.285 wisatawan nusantara dan 112 wisatawan mancanegara, Jeep Wisata atau Merapi Offroad sebanyak 5.148 orang,” katanya.

Sedangkan wisatawan di Monumen Jogja Kembali (Monjali) tercatat sebanyak 34.041 orang, Museum Dirgantara Mandala 6.000 orang, Candi Prambanan dan Ratu Boko sebanyak 70.850 orang yang meliputi 68.796 wisatawan nusantara dan 2.054 wisatawan mancanegara.

“Data kunjungan wisatawan ini tercatat untuk liburan Natal dan Tahun Baru mulai 22 Desember 2012 hingga 1 Januari 2013,” tambah Wasita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s