Di Bali, Rumah Tak Layak Huni Dapat Bantuan Rp6 Jt

detail berita

Ilustrasi, Foto: (noe/okezone)

JAKARTA – Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) memberikan bantuan Rp6 juta per rumah. Program tersebut diperuntukkan untuk rumah tak layak huni, rumah-rumah tersebut berada di Karangasem, Bali.

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono menyatakan, meskipun hanya sebesar Rp6 juta, namun menurutnya bantuan tersebut sangat berguna.

“Saat ini kita bisa melihat secara langsung rumah yang dibangun hasil BSPS dari Kemenpera senilai Rp 6 juta. Tapi dengan dukungan dari Pemda setempat dan dana gotong-royong dari masyarakat sekitar Rp 6 juta bisa berlipat ganda dan menghasilkan bangunan yang layak untuk dihuni,” katanya seperti dikutip dalam keterangan tertulis Kemenpera Senin (7/12/2013).

Adapun saat ini, jumlah rumah yang telah dibantu melalui program BSPS Kemenpera di Kabupaten Karangasem telah mencapai 1.426 unit. Pemerintah pusat berjanji akan terus berupaya meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui program pembangunan perumahan untuk masyarakat.

Menpera Djan Faridz menyatakan, program BSPS merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Kemenpera untuk membantu masyarakat agar dapat memiliki rumah yang layak huni.

“Kami akan terus mendorong terlaksananya program BSPS kepada masyarakat di daerah. Saat ini jumlah rumah masyarakat yang telah dibantu melalui program BSPS di Kabupaten Karangasem telah mencapai 1.426 unit.

“Untuk mewujudkan daerah yang bebas dari rumah yang tidak layak huni tersebut pemerintah daerah bersama dengan tenaga pendamping masyarakat dan masyarakat itu sendiri diharapkan ikut berperan aktif dalam pendampingan serta proses pembangunan rumah tersebut,” tandas dia. (nia) (rhs)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s