Kecantikan Laut Indonesia Sudah Tampak di Titik Nol Kilometer

Pulau Weh, Nanggroe Aceh Darussalam (Foto: guardian)

Pulau Weh, Nanggroe Aceh Darussalam (Foto: guardian)

SEBAGAI negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia sudah terkenal dengan kecantikan bawah lautnya yang disebut-sebut bagaikan surga. Pesona bawah laut ini dapat disaksikan mulai dari Sabang sampai Merauke, dengan keindahannya yang beragam.

Simak ulasannya berikut ini, seperti disitat dari buku The Wonders of Diving in Indonesia:

Pulau Weh, Nanggroe Aceh Darussalam

Kecantikan alam bawah laut Indonesia bahkan sudah terlihat mulai dari titik nol kilometer, tepatnya di Pulau Weh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Pulau Sabang atau Weh yang terletak di ujung paling utara Pulau Sumatera memiliki luas 156,3 km, dikelilingi pegunungan dan pantainya yang indah.

Pulau Weh merupakan bagian dari Provinsi NAD dengan jumlah penduduk kurang dari 50.000 jiwa. Saat terjadi gempa dan tsunami 2004 lalu, Pulau Weh yang dekat dengan pusat gempa, justru tidak terlalu terpengaruh.

Keanekaragaman terumbu karang di Pulau Weh memang tidak terlalu banyak, tidak seperti tempat lainnya di Indonesia. Namun, keanekaragaman spesies ikannya sangat besar. Salah satunya adalah spesies hiu bermulut besar.

Pada 13 Maret 2004, spesimen langka dan tidak biasa dari spesies hiu bermulut besar terdampar di Pantai Gapang. Hiu bermulut besar memiliki mulut yang khas, hidung yang sangat pendek dan lebar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s