Pos Indonesia Rambah Bisnis Properti

SURAKARTA–PT Pos Indonesia (Persero) terus melebarkan usahanya. Tidak ingin hanya berkutat di bisnis pengiriman surat, logistik, dan jasa keuangan, kini Pos Indonesia merambah bisnis properti. Direktur Utama PT. Pos Indonesia (Persero) I Ketut Mardjana mengatakan Pos Indonesia memiliki banyak aset yang berada di lokasi strategis. Kebanyakan aset tanah tersebut belum dimanfaatkan.

Aset tanah tersebar di 11 Kantor Wilayah dengan luas mulai di bawah 500 meter persegi hingga di atas 5 ribu meter persegi. Secara total, Pos Indonesia memiliki aset tanah di 3.082 lokasi. Luas tanah terbanyak antara 500-1.500 meter persegi sebanyak 2.181 lokasi.

“Kami akan jadikan hotel, apartemen, pusat perbelanjaan, dan ruko untuk yang tanahnya tidak terlalu luas,” ujarnya ketika ditemui di Surakarta, Jumat, 4 Januari 2013.

Saat ini yang sudah siap dibangun hotel adalah di dua lokasi di Bandung, tepatnya di Jalan Pahlawan dan Jalan Cihampelas. Dia mengatakan gambar bangunan sudah siap dan sedang mengurus perizinan. ?Nama hotelnya Xpos. Pengelolanya anak perusahaan Pos Indonesia, PT Pos Properti Indonesia,? katanya. Nantinya hotel akan dilengkapi dengan gerai pos dan Pos Shop.

Pihaknya akan menempatkan modal awal Rp 50 miliar dan menggandeng mitra kerja. Komposisi kepemilikan saham di PT Pos Properti Indonesia yaitu 99 persen PT Pos Indonesia dan 1 persen mitra kerja.

Dia mengatakan pembangunan hotel juga bekerja sama dengan investor. Bentuk kerjasamanya bisa kerjasama operasional (KSO), build operate transfer (BOT), atau kerjasama usaha (KSU).

Kepala Kantor Pos Solo, Achmad Chairul Hadi mengatakan Kantos Pos Solo memiliki lahan seluas 3 ribu meter persegi di Jalan Adi Sucipto. Rencananya di lahan tersebut akan dibangun hotel yang bekerja sama dengan investor.

“Saat ini sedang tahap evaluasi dari Perusahaan Pengelola Aset. Nantinya yang membangun investor,” ucapnya. Dia memperkirakan paling tidak di lokasi tersebut akan dibangun hotel bintang 3. Bentuk kerjasama akan mengacu pada mekanisme di kantor pusat. “Nanti kami tetap sebagai pemegang saham mayoritas,” katanya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s