info wisata : Jaring Wisatawan, Dumai Kembangkan Pusat Kuliner

Ilustrasi jajanan anak sekolah.

Ilustrasi jajanan anak sekolah. (sumber: Wonderful-Family)

Rencana penambahan pusat jajanan kuliner ini merupakan implementasi dari salah satu visi dan misi Pemkot Dumai.

Pemerintah Kota Dumai, Provinsi Riau tahun ini berencana melakukan pengembangan pusat jajanan pasar kuliner sebagai potensi wisata jajanan makan minum bagi masyarakat setempat.

Saat ini, Dumai sendiri telah mengoperasikan pasar kuliner di Jalan Hasanuddin dengan ratusan pedagang aneka makan minuman setiap malamnya.

Direncanakan penambahan lokasi pasar kuliner akan ditempatkan di Jalan Sungai Masang, Kecamatan Dumai Kota dan kawasan Kelurahan Jaya Mukti, Kecamatan Dumai Timur, kata Kepala Kantor Pelayanan Pasar, Suardi, Senin.

Ia mengaku bahwa rencana penambahan pusat jajanan kuliner ini merupakan implementasi dari salah satu visi dan misi Pemkot.

“Rencana pembangunan pasar kuliner di Jalan Sungai Masang saat ini sudah mulai tampak dengan keberadaan pedagang menggelar dagangan, dan di tahun ini kita akan mengembangkan pusat jajanan di lokasi tersebut,” terangnya.

Dia menjelaskan, keberadaan pusat jajanan kuliner dirasa sudah menjadi kebutuhan masyarakat untuk sekadar melepas dahaga selera dan melepaskan penat di malam hari dengan suasana penerangan jalan dan keramaian kota.

Pusat jajanan kuliner yang akan beroperasi pada malam hari ini mendapat perhatian dari Pemkot Dumai karena berkontribusi bagi pendapatan daerah melalui retribusi.

Sehingga agar memberikan rasa kenyamanan terhadap pengunjung, Pemkot berupaya menambah sarana dan prasarana pendukung.

Ia optimistis dengan penambahan pusat jajanan kuliner nantinya akan mendapat sambutan positif di tengah-tengah masyarakat karena tingkat konsumtif tinggi yang dapat memberikan keuntungan bagi pedagang.

Sementara, untuk pembangunan pasar kuliner di Kelurahan Jayamukti, pihaknya tengah melihat ketersediaan lahan yang representatif dan mudah terjangkau masyarakat.

Penulis: ANT/FH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s