Rupiah Melemah ke Rp 9.700/US$, Agus Marto: Itu Tidak Apa-apa

Jakarta – Menteri Keuangan Agus Martowardojo menilai melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di kisaran Rp 9.700 memberikan dampak yang positif pada neraca perdagangan di Indonesia. Padahal, realisasi nilai tukar ini jauh dibandingkan asumsi di APBN 2013 yang mematok rupiah pada level Rp 9.300.

“Nilai tukar rupiah Rp 9.700/US$ itu tidak apa-apa. Nanti kita lihat rata-rata setahun, saya yakin Bank Indonesia yang memahami dan perhatikan itu,” jelas Agus Marto saat ditemui di kantornya, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Selasa (8/1/2012).

Menurut Agus Marto, dengan melemahnya nilai tukar ini dapat meningkatkan sektor ekspor, sekaligus menurunkan impor karena tingginya harga barang.

“Kalau kita punya nilai tukar rupiah di Rp 9.500-9.700/US$ ya dampaknya ke ekspor-impor month to month, tidak terjadi peningkatan impor yang tinggi, tapi ekspor justru ada peningkatan karena eksportir merasa ada faktor nilai tukar rupiah sementara importir merasa ada kemahalan kalau dia melakukan impor,” tandasnya.

Agus Marto menambahkan kesempatan inilah yang harus dimanfaatkan guna memperbaiki neraca perdagangan Indonesia yang sempat defisit pada tahun 2012.

“Trade Balance kita setahun ini defisit, itu adalah kondisi yang selama ini tidak dialami Indonesia, jadi kita perlu upaya lebih dan ini tidak hanya kita katakan faktor eksternal tapi betul-betul jaga produktivitas dan perbaikan aktivitas ekspor impor kita,” tandasnya.

Seperti diketahui, nilai tukar rupiah saat ini melemah di kisaran Rp 9.740/US$ berdasarkan kurs tengah BI. Data Reuters, hari ini menunjukkan rupiah dibuka pada Rp 9.800/US$ atau nilai terendahnya terhadap dolar dalam 3 tahun terakhir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s