Studi: Cokelat Panas Lebih Nikmat Dalam Cangkir Oranye

 

Ilustrasi secangkir cokelat panas yang disajikan dalam cangkir berwarna oranye.

Ilustrasi secangkir cokelat panas yang disajikan dalam cangkir berwarna oranye. (sumber: Visualphotos)

Warna wadah ternyata dapat meningkatkan rasa dan aroma makanan dan minuman.

Sebuah studi terbaru menemukan, bahwa cokelat panas terasa lebih nikmat bila disajikan dalam cangkir berwarna oranye atau krem.

Menurut para peneliti dari Universitas Politeknik Valencia dan University of Oxford, indera manusia merasakan makanan dengan cara yang berbeda, tergantung pada karakteristik wadah yang digunakan.

Hasil studi yang dipublikasikan dalam Journal of Studies Sensory, menunjukkan bahwa rasa cokelat yang disajikan dalam cangkir berwarna oranye atau krem lebih baik untuk dinikmati oleh para peserta penelitian.

“Warna wadah dimana makanan dan minuman tersebut disajikan dapat meningkatkan beberapa atribut seperti rasa dan aroma,” kata Betina Piqueras-Fiszman, peneliti di Universitas Politeknik Valencia (Spanyol).

Para peneliti Fiszman dan Charles Spence dari Universitas Oxford, melakukan eksperimen di mana 57 peserta harus mengevaluasi sampel cokelat panas yang disajikan dalam empat jenis gelas plastik. Cangkir tersebut berukuran sama tetapi berbeda warna: putih, krem, merah dan oranye dengan putih di dalamnya.

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa rasa manis dan aroma cokelat hampir tidak dipengaruhi oleh warna cangkir, meski peserta menyebutkan bahwa cokelat terasa sedikit manis dan lebih aromatik dalam cangkir berwarna krem.

“Tidak ada aturan baku yang menyatakan bahwa rasa dan aroma yang ditingkatkan dalam secangkir warna tertentu atau teduh,” kata Piqueras-Fiszman.

Hasil ini relevan bagi para ilmuwan untuk memahami bagaimana otak mengintegrasikan informasi visual, tidak hanya dari makanan itu sendiri melainkan dari wadah yang digunakan untuk mengonsumsi makanan.

Juga, studi ini bisa mendorong koki, para katering profesional, bahkan industri kemasan untuk berpikir lebih lanjut tentang warna peralatan dan kemasannya.

“Ini adalah kasus eksperimen untuk memahami bagaimana wadah itu bisa memengaruhi persepsi konsumen terhadap produk,” kata para peneliti.

Sebelumnya, sebuah studi menunjukkan bahwa strawberry mousse tampaknya lebih manis dan lebih intens bila disajikan pada piring berwarna putih ketimbang warna hitam.

Sementara untuk kopi, sebagian besar dari mereka yang disurvei kemasan berwarna cokelat berhubungan dengan rasa dan aroma yang lebih kuat. Sedangkan merah tampaknya untuk menonjolkan sensasi, sementara warna biru dan kuning membuat minuman tampaknya lebih lembut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s