Jokowi Yakin MRT Jakarta Rampung 2015

TEMPO.CO, Jakarta – Gubernur Joko Widodo menyatakan tahap pertama proyek mass rapid transit (MRT) akan selesai pada 2015 mendatang. Keyakinannya didorong oleh mulusnya pembahasan subsidi proyek MRT antara Pemerintah Jakarta dan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian hari ini.

“Nanti tanggal 15 (Januari 2013) keputusannya,” kata Jokowi, usai bertemu dengan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Rabu, 9 Januari 2013.

Jokowi mengatakan, pembahasan MRT dengan Menteri Hatta berjalan sangat positif. Karena itu, dia yakin keputusan tanggal 15 Januari nanti sudah menghasilkan kesepakatan antara pemerintah pusat dan Pemerintah DKI Jakarta. “Bebannya DKI berapa persen, bebannya pusat berapa persen,” ujarnya.

Jokowi mengatakan, Pemprov DKI tetap mengajukan rasio pembayaran utang sebesar 60:40 kepada pemerintah pusat. Meski begitu, dia siap menerima apa pun keputusan Menko Perekonomian selama beban pemerintah pusat lebih besar ketimbang Pemprov DKI. “Kalau nanti jadi 59:41 juga tidak apa-apa, kan sebelumnya 42:58,” katanya.

MRT Lebak Bulus-Dukuh Atas sendiri ditargetkan bisa beroperasi pada tahun 2015, lebih cepat dari rencana awal tahun 2016. Sedangkan untuk Dukuh Atas-Kampung Bandan ditargetkan mulai beroperasi tahun 2017, lebih cepat dua tahun. “Karena itu DED yang Bunderan HI (Dukuh Atas)-Kampung Bandan harus segera dikerjakan. Kita berkejar-kejaran dengan macet,” ujarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s