Konsultan Properti: Pengembang Pasti Pro Kepemilikan Asing!

http://www.houzz.comSejumlah asosiasi di bidang pengembang perumahan berpendapat, bahwa saat ini dinilai masih belum perlu dibukanya keran kepemilikan properti asing di Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com – Konsultan properti Colliers International mengatakan, para pengembang pasti akan berpihak pada kepemilikan properti bagi asing meski hal itu masih menjadi bahan perdebatan di tengah masyarakat. Dukungan pada kebijakan kepemililikan properti untuk asing itu diberikan antara lain karena para pengembang seperti yang tergabung dalam Realestat Indonesia (REI) menganggap hal itu positif.

“Developer (pengembang) pasti mendukung,” kata Director Office Service Colliers International, Bagus Adi Kusumo, dalam paparan tentang sektor properti kuartal IV 2012 di Jakarta.

Hanya, lanjut Bagus, terdapat pula sejumlah asosiasi di bidang pengembang perumahan yang berpendapat, bahwa saat ini dinilai masih belum perlu dibukanya keran kepemilikan properti asing di Indonesia.

“Saat ini masih ada pro dan kontra soal itu,” katanya.

Untuk itu, ia mengemukakan, pembahasan terkait dibukanya kepemilikan asing akan lebih jelas jika kebijakan itu benar-benar telah diterapkan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyiratkan, bahwa Pemerintah siap mengeluarkan kebijakan terkait kepemilikan properti asing. Presiden SBY mengemukakan hal tersebut saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) REI 2012 di Jakarta, 5 Desember 2012 silam. Presiden menyatakan, berbagai kebijakan yang nantinya akan dikeluarkan pemerintah pasti telah berkoordinasi dengan pihak terkait dan mengutamakan kepentingan nasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s