Target Pembangunan 250 Ribu Rumah Sulit Tercapai

Ilustrasi real estate (JG Photo)

Ilustrasi real estate (JG Photo)

Target Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) sebanyak 350 ribu unit masih sangat sulit bisa tercapai

Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) mengakui sulit mencapai target pembangunan 250 ribu rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) pada 2013. Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz mengatakan, pihaknya harus realistis membidik 121.500 rumah tahun ini.

Rumah bagi MBR tersebut memanfaatkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sekitar Rp6,96 triliun. Komposisinya, untuk rumah tapak (landed house) sekitar 120.500 unit dengan anggaran Rp6,91 triliun dan untuk rumah susun sekitar 500 unit dengan anggaran Rp50 miliar.

“Ya, kami pinginnya (target) tercapai, tetapi dengan kondisi dan anggaran serta dukungan dari berbagai pihak, separuh tercapai juga sudah cukup bagus buat kami,” kata Menpera, Djan Faridz, di Jakarta, baru-baru ini.

Dia juga mengaku, dari target Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) sebanyak 350 ribu unit masih sangat sulit bisa tercapai. Terutama, katanya, jika dilihat dari sisi anggaran yang terbatas.

Menpera menjelaskan, target 121.000 unit tersebut menurun dibandingkan tahun 2012 sebanyak 133.000 unit. Bahkan, jelasnya, lebih rendah dibandingkan RPJM yang dicanangkan pemerintah sebanyak 350.000 unit.

“Target kami tahun ini bisa terbangun 250 ribu unit, kalaupun tidak bisa, separuhnya sudah sangat bagus,” katanya.

Data tahun 2010 menunjukan, kebutuhan rumah rakyat masih sangat besar dengan kekurangan rumah (backlog) mencapai 13,6 juta unit. Di sisi lain, setiap tahun kebutuhan rumah baru mencapai 800 ribu unit. Berdasarkan data Badan Layanan Umum Pusat Pembiayaan Perumahan, total penyaluran rumah bersubsidi sebanyak 73.923 unit senilai Rp3,03 triliun atau 55,58 persen dari target 133.000 unit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s