Badai Narelle Terjang Pantai Selatan Yogyakarta

Badan Narelle akan berlangsung hingga 5-6 hari ke depan.

Badan Narelle akan berlangsung hingga 5-6 hari ke depan. (REUTERS/China Daily

Badai ini menerjang pesisir dengan kecepatan 70-80 km per jam.

VIVAnews – Warga di kawasan Pantai Selatan Yogyakarta diminta waspada dengan cuaca angin ekstrem yang terjadi dalam kurun waktu beberapa hari ke depan. Angin ekstrem yang dinamai Badai Narelle sedang terjadi di Samudera Hindia sejak Rabu 9 Januari 2013.

Badai Narelle ini menerjang di kawasan pesisir selatan Pantai Selatan Yogyakarta dengan kecepatan 70-80 kilometer per jam. Sampai di daratan bisa 20 kilometer per jam. “Atau bahkan dua kali lipatnya,” kata Subandi, ahli prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Yogyakarta, Kamis 10 Januari 2013

Menurut dia, Badai Narelle ini juga menyebabkan terjadinya angin kencang, terutama di wilayah yang berbatasan dengan pesisir selatan, seperti Kabupaten Bantul, Kulonprogo, dan Gunungkidul.

Badai juga menyebabkan gelombang pasang di Pantai Selatan dengan ketinggian mencapai 5 meter, sehingga berbahaya bagi nelayan maupun wisatawan yang berkunjung ke pantai. “Badai ini akan berlangsung hingga 5-6 hari ke depan,” katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul Dwi Daryanto mengatakan, angin kencang telah menyebabkan pohon tumbang di 28 titik di 8 kecamatan di Kabupaten Bantul. Pohon ini menimpa belasan rumah dan juga 1 unit mobil yang baru dua minggu dibeli. “Untuk kerugian kami masih menghitung,” ujarnya, singkat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s