Laptop Bakal Disalip Tablet, “Kiamat PC” Makin Nyata?

 

Iconia A511, tablet baru besutan Acer yang menggunakan prosesor quad core Nvidia Tegra 3

KOMPAS.com – Lembaga riset NPD Display Search memprediksi pengiriman perangkat komputer tablet secara global akan melampaui pengiriman komputer jinjing atau laptop di tahun 2013 ini. Di Amerika Serikat dan China, tanda-tanda itu terlihat sejak 2012 lalu.

Sekitar 18 bulan lalu, beberapa analis telah memprediksi pengiriman ponsel pintar akan menyalip pengiriman komputer pribadi (personal computer/PC). Mungkin mulanya sebagian orang menganggap ini tidak terlalu serius. Tapi beberapa bulan kemudian, prediksi itu tak lagi dianggap isapan jempol belaka. Tren komputasi bergeser ke perangkat mobile semakin terlihat.

Beberapa kalangan, termasuk pendiri Apple Steve Jobs, menyebut bahwa era komputer pribadi (PC) akan berakhir alias “Kiamat PC” (atau biasa disebut “Post-PC era”). Mereka memprediksi tren teknologi bakal bergeser ke perangkat mobile.

Tablet telah memakan pangsa pasar komputer jinjing mungil netbook. Pertumbuhan tablet sangat signifikan, bahkan mengancam laptop.

“Pada tahun 2013, permintaan tinggi atas tablet memicu pengirimannya bakal melampaui komputer notebook,” ujar Richard Shim, analis senior di NPD Display Search. Menurutnya, beberapa perusahaan ternama di Amerika Utara telah meningkatkan investasi untuk perangkat tablet sejak semester kedua tahun 2012.

Perusahaan riset ini memproyeksi sebanyak 240 juta tablet akan dikapalkan secara global tahun ini. Sedangkan pengiriman laptop hanyalah 207 juta secara global. Perbedaan jumlah ini mewakili transisi tren perangkat mobile.

NPD Display Search melakukan prediksi jangka panjang hingga 2017, di mana pangsa pasar notebook jauh lebih sedikit dibanding tablet.

Dalam laporannya, NPD Display Search memperkirakan di tahun 2013 pengiriman perangkat komputer berukuran 7 inci hingga 9 inci, lebih besar ketimbang perangkat berukuran 11 inci sampai 13 inci.

Keberadaan tablet berukuran kecil ini mengancam tablet berukuran besar. Pada 2017 nanti, menurut NPD Display Search, perangkat berukuran 7 hingga 9 inci bakal mendominasi pasar global.

Langkah Apple memproduksi tablet iPad Mini berukuran 7,9 inci dirasa sudah tepat untuk menghadapi masa depan, meski mereka harus menarik ucapan sendiri demi bersaing dengan kompetitor. Karena dahulu, Steve Jobs sempat tidak menyetujui tablet berukuran kecil.

Secara keseluruhan menurut prediksi NPD Display Search, pada 2013, pengiriman tablet akan meningkat 46% dari tahun ke tahun. Amerika Serikat dan China akan menjadi dua pasar terbesar. Pangsa pasar tablet di Amerika Serikat akan mencapai 35% sedangkan China 27%, menurut NPD Display Search.

Tren perangkat mobile juga didukung oleh ekosistem aplikasi yang makin kuat. Kesuksesan sebuah sistem operasi sangat bergantung pada ketersediaan aplikasi yang mendukung produktivitas penggunanya.

Seperti diketahui, sistem operasi Google Android dan Apple iOS telah menyediakan banyak aplikasi. Lembaga riset Sharing Vision dari Bandung, Jawa Barat, memprediksi, jumlah aplikasi di kedua platform itu akan mencapai 1 juta aplikasi di tahun 2013.

Pengembang aplikasi semakin senang menciptakan aplikasi untuk perangkat mobile. Mereka bisa mendapat keuntungan finansial di sana, mulai dari membuat aplikasi berbayar, membuka ruang iklan, hingga menerapkan metode pembelian dalam aplikasi (in-app purchase).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s