Menkominfo Benarkan Situs Presiden Diretas

detail berita

Ilustrasi

JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informasi, Tifatul Sembiring, membenarkan jika situs presiden yang beralamat di presidensby.info diretas.

Tifatul menjelaskan bahwa yang diretas bukanlah situs presiden. Melainkan, hanya domain name system (DNS) situs presiden yaitu soft player yang berada di Texas, Amerika Serikat, sehingga situs presidensby.info dialihkan ke IP Address lain.

“Itupun pulih dalam beberapa jam kemudian karena masih dalam tangungjawabnya DNS server itu semacam ISP,” tutur Tifatul.

Agar peristiwa tersebut tak terulang, Tifatul akan melakukan pembicaraan dengan timnya guna memindahkan DNS server yang berada di Texas, Amerika Serikat ke Indonesia atau menggunakan alternatif yakni menyediakan server cadangan di Texas.

Cara tersebut, sambung Tifatul, merupakan metode yang dilakukan oleh sejumlah situs pemerintah Israel yang beralamat israel.go.il ketika perang melawan Palestina.

“Mereka (Israel) rupanya punya server DNS cadangan di Jerman jadi mereka aman. Kita perlu mengambil langkah-langkah yang tidak di satu tempat,” katanya.

Sementara, terkait motif aksi hack ke situs presiden, Tifatul mengatakan bahwa selama ini kebanyakan karena ekonomi, namun ada juga yang berpendapat bahwa hal itu merupakan prestasi.

“Bagi mereka itu prestasi sendiri. Dari underground situs mereka juga sudah memasang bendera, kalau saya sudah meretas situs presiden, bagi mereka seperti itu prestasi,” paparnya.

Tifatul sendiri ogah membocorkan siapa pelaku hacking tersebut. “Kalau sedang dilacak enggak bisa dikasih tahu. Ilang nanti orangnya. Nanti kabur orangnya,” tutupnya. (fmh)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s