Morgan Stanley PHK-kan 1.600 Karyawannya

Ilustrasi (Foto: Okezone)

Ilustrasi (Foto: Okezone)
NEW YORK –  Menyusul terus terpukulnya bursa saham di Wall Street, perusahaan jasa keuangan Morgan Stanley berencana memotong 1.600 karyawannya. Jumlah ini sekira tiga persen dari total karyawannya.

Dikutip Reuters Kamis (10/1/2013), Chief Executive Morgan Stanley James Gorman berjanji akan mengurangi biaya operasional. Langkah ini dilakukan dengan mem-PHK karyawannya.

Seorang sumber yang tidak mau disebutkan namanya, menyebut perusahaan jasa keuangan tersebut akan mem-PHK karyawan di bagian sekuritas.

“Kabar ini melanjutkan kabar buruk di saham keuangan. Sulit untuk mengatakan dimana salahnya karena beberapa bank telah melakukan hal yang sama sebelumnya,” tambah Wall Street Rekruiter Greg Cresci.

Selama dua tahun terakhir volume perdagangan dan investasi perbankan menurun khususnya di bidang perdagangan. Beberapa peraturan baru yang terkait dengan perdagangan propertu dan aturan modal bank menambah alasan untuk melakukan PHK.

Analis memperkirakan, kuartal IV-2013, pendapatan sektor keuangan turun 10 persen ketimbang kuartal IV-2012.

Beberapa pesaing Morgan Stanley seperti Goldman Sachs dan Citogroup juga melakukan hal yang sama. Goldman Sachs mengabarkan akan memPHK 700 pekerjanya untuk menghemat USD1,9 miliar. Sedangkan Citigrup menghemat USD1,1 miliar dengan memberhentikan 11 ribu pekerjanya. Bank of America juga merumahkan 30 ribu pekerjanya sejak tahun 2011 dan menghemat USD5 miliar.
(gnm)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s