Macet Parah, Beli Mobil Baru di Beijing Pakai Sistem Lotre

Beijing – Ibukota China yaitu Beijing membatasi penduduknya yang ingin membeli mobil baru. Tahun ini, Beijing menggunakan sistem lotre bagi para penduduk yang ingin membeli mobil baru.

Deputi Direktur Komisi Transportasi Beijing Li Xiaosong seperti dikutip dari China Daily, Senin (14/1/2013) mengatakan, sistem lotre ini mampu menekan laju pertumbuhan mobil baru yang sangat cepat.

China telah menerapkan pembatasan kepemilikan mobil sejak Januari 2011. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi kemacetan yang sudah begitu parah.

Jumlah pelamar yang ikut undian pembelian mobil ini telah mencapai 1,43 juta hingga 8 Januari 2013 kemarin. Jumlah ini meningkat 70.000 pelamar dibandingkan Desember 2012 yang sebesar 1,360 juta peminat.

Beijing sendiri memberikan kuota penjualan mobil hingga 240.000 unit setahun. Jika dibandingkan jumlah peminatnya, kuota tersebut sangat kecil.

Bayangkan saja, Desember 2012 peluang seseorang untuk bisa menang undian rasionya adalah 1:71. Satu orang harus bersaing dengan 71 orang lain hanya untuk sebuah mobil baru.

Upaya Beijing untuk mengatasi kemacetan ini mampu diacungi jempol. Berdasarkan data, jumlah mobil di Beijing pada akhir November 2012 mencapai 5,19 juta. Jumlah ini naik dibandingkan akhir 2010 yang sebanyak 4.81 juta.

Bagaimana dengan ibukota Indonesia yaitu Jakarta?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s