Bekas Pembangkit Listrik Jadi Kawasan Hunian Mahal

detail berita

Battersea Power Station Development

LONDON – Pada 1980-an, pembangunan pembangkit listrik Battersea di pinggir London, Inggris dihentikan. Kini, area tersebut dikembangkan sebagai kawasan terpadu modern dan diproyeksikan menjadi yang terbesar di Eropa.

Situs bekas pembangkit listrik di Battersea didesain ulang menjadi kota modern baru yang didalamnya terdapat bebagai macam produk properti, mulai dari hunian mewah, taman hiburan Disneyland, sebuan klub malam, dan berbagai fasilitas publik lainnya. Bahkan sebuah klub sepak bola pun dibentuk oleh komunitas setempat.

Saat ini, pembanguanan di Battersea semakin bernilai dan menarik perhatian dengan dibangunnya properti-properti berkelas tinggi. Salah satunya adalah proyek apartemen mewah yang terdiri dari 800 unit yang dibanderol dengan harga fantastis.

Dilansir Daily Mail, Selasa (15/1/2013), apartemen yang dinamai Circus West ini dirancang oleh desainer asal Uruguay, Rafael Vinoly. Terdapat beberapa tipe unit apartemen di dalamnya, mulai dari 1 kamar tidur, 2 dan 3 kamar, townhouse dan penthouse.

Harga yang ditawarkan untuk tipe unit terkecilnya (studio) berkisar 338 ribu poundsterling atau sekira Rp5,2 miliar (Rp15.449 per poundsterling). Sementara, untuk satu dari sembilan penthouse yang ada di dalam menara apartemen tersebut harganya bisa mencapai 6 juta poundsterling atau setara Rp93 miliar per unit.

Lokasi (site) proyek ini hanya terletak 400 meter dari Sungai Thames London dan hanya menempuh waktu beberapa menit saja untuk menuju kantor parlemen dan pusat pemerintahan. Hal ini pula yang mendorong pengembang Battersea Power Station Development Company semakin optimistis dengan proyek tersebut.

“Kami sangat senang bisa menyambut warga Inggris ke situs yang merupakan salah satu landmark Inggris yang paling ikonik ini,” kata CEO Battersea Power Station Development Company, Rob Tincknell.

Setiap penghuni di lokasi tersebut dipastikan dapat menikmati indahnya pemandangan kota London dengan hanya duduk di teras apartemennya. Namun, bagi setiap pembeli maupun investor yang berniat membeli properti di lokasi tersebut harus bersabar, sebab apartemen ini baru akan bisa dihuni pada 2016 mendatang. (NJB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s