Realisasi Bedah Rumah Tak Maksimal, Ini Tanggapan Menpera

detail berita

Ilustrasi, Sumber: suarapasarkulonprogo

JAKARTA – Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) mengatakan jika program perumahan swadaya merupakan program yang diprioritaskan untuk masyarakat miskin. Hal itu menanggapi penilaian dari penyerapan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang dinilai kurang menyebar.

“Program rumah swadaya didasarkan pada kebutuhan masyarakat dengan daerah indeks kemiskinan tertinggi yang diproritaskan pertama, baru setelah itu prioritas kedua, ketiga,” ungkapnya dalam Raker Komisi V dengan Kementrian Perumahan Rakyat di Gedung DRP RI, Selasa (15/1/2013).

Dia juga menambahkan jika daerah yang belum mendapatkan bantuan berarti belum termasuk daerah yang diprioritaskan, “Kalau belum kena artinya belum prioritas,” tambahnya.

Dia mencontohkan jika di Jakarta bisa mendapatkan bantuan karena indeks kemiskinannya yang rendah, “Kenapa Jakarta bisa dapat karena indeks kemiskinannya sangat rendah sebagai contoh korban kebakaran, lalu di kepulauan seribu yang terkena angin puyuh,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan jika memang indeksnya kaya namun daerah tersebut terkena bencana maka akan kembali dilihat dari skala prioritas indeks kemiskinan.

Pada rapat kerja antara DPR Komisi V dengan Kemenpera hari ini, beberapa pihak berpendapat penyerapan dari program ini belum menyeluruh, “Saat itu kami mengusulkan untuk 2.000 rumah di daerah jombang namun kenyataannya hanya 300 sekian yang direalisasikan,” ungkap Saderestuwati dari fraksi PDIP.

Selain itu, juga terdapat kendala dalam hal administrasi. Kendala tersebut antara lain kelengkapan surat yang harus di foto kopi serta, pas foto dan rekening bank.

“Masyarakat yang berada di kepulauan mengalami kesulitan seperti hal kecil persoalan fotokopi dan foto. Mereka membutuhkan biaya untuk ke ibu kota kabupaten,” ungkap Rendy Lamadjido dari Fraksi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s