5 Hal Penting Menempati “Mungilnya” Apartemen Studio

KOMPAS.com – Ruang kecil dan kompak adalah ciri khas apartemen studio. Kenyamanan bisa didapatkan saat semua elemen saling terhubung dan sesuai dengan aktivitas sehari-hari kita di dalam ruangan yang rata-rata kurang dari 40m2 .

Memiliki apartemen studio berarti juga harus siap menerima kondisi, bahwa setiap ruang yang ada di apartemen tipe ini saling berdampak langsung. Misalnya, saat Anda memasak, aromanya bisa terasa hingga ke seluruh ruangan, bahkan hingga ke kamar tidur. Jika tak terbiasa, hal ini justru terasa tak nyaman. Nah, apa saja yang harus Anda perhatikan?

Aktivitas

Hal pertama perlu Anda lakukan adalah memetakan semua aktivitas Anda. Jika gemar memasak, Anda wajib gunakan cooker hood. Posisi dapur pun harus dekat dengan bukaan atau area yang tak lembap untuk mencegah aroma makanan menempel terlalu lama.

Permainan warna

Gunakan permainan warna dan elemen untuk membuat sekat virtual yang seolah memisahkan ruang satu dan lainnya. Misalnya, dinding area makan berbeda penanganannya dengan dinding area tidur. Hal ini bisa mengurangi rasa jenuh saat tinggal di ruang yang serba berdekatan.

Selain itu, gunakan warna-warna cerah di area yang membutuhkan fokus tinggi, seperti di area kerja dan memasak.

Area penyimpanan

Anda harus memanfaatkan area storage atau area penyimpanan semaksimal mungkin. Jangan biasakan barang tergeletak di luar tempat penyimpanannya. Rasa jenuh bisa cepat datang.

Posisi furnitur

Tata posisi furnitur dengan memerhatikan jalur sirkulasi. Jalur sirkulasi yang terhambat furnitur membuat tak nyaman beraktivitas. Nah, sudah siap berapartemen studio? (Indra Zaka Permana)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s