Bangunan Nol Karbon Pertama di Hong Kong

detail berita

Zero Carbon Building (Foto: Dok.ZCB/Inhabitat)

HONG KONG – Tim arsitek dari Ronald Lu & Partners merancang sebuah bangunan dengan strategi passive design atau desain pasif untuk meminimalisir pemakaian energi. Bangunan yang diberi nama Zero Carbon Building (ZCB) ini disebut sebagai bangunan dengan nol karbon pertama di Hong Kong.

Strategi desain pasif ini dilakukan dengan beberapa desain seperti membuat bukaan termahal pada fasad bangunan, ventilasi alami, pengolahan limbah dengan energi biodiesel, penampungan air hujan, dan penggunaan atap photovoltaic. Ini merupakan sistem bangunan canggih dengan memastikan tidak ada energi tambahan lagi yang diperlukan untuk produksi bangunan.

Selain itu, mereka juga mengaplikasikan konsep desain pasif dengan orientasi pada arah matahari, atap yang besar, ventilasi alami yang memungkinkan penghuni merasa dingin di musim panas dan juga sebaliknya hangat di musim dingin. Bangunan ini juga mempunyai mekanisme untuk menghasilkan panas dan dingin yang disesuaikan dengan lingkungan di sekitarnya.

Bangunan ini bertujuan untuk meminimalkan penggunaan energi dan dapat memenuhi kebutuhan listrik, bahkan diharapkan dapat melebihi dari yang dibutuhkan. Selain itu, di sekitar gedung juga dibuat taman hijau, sehingga ke depannya diproyeksikan dapat menampung hingga 40 ribu pengunjung setiap tahun sejak awal dibuka untuk umum.

Dilansir dari Inhabitat, Rabu (16/1/2013), gedung ZBC ini juga dapat meredam kebisingan lalu lintas dan lebih dari 50 persen areanya dapat menyerap air hujan dan dapat mengurangi efek pemanasan. Atap yang terbuat dari photovoltaic juga dapat menghasilkan listrik untuk bangunan. Limbah minyak goreng digunakan untuk menghasilkan bio diesel, sedangkan air hujan dan air limbah dikumpulkan dan berada di bawah kebun.

Keseluruhan bangunan dikelola dengan sistem manajemen bangunan yang cerdas untuk memungkinkan energi dapat digunakan secara efisien. Selain itu ZCB juga sebagai Cool Biz Dress Code, sebab akan membantu pengunjung dan karyawan tetap merasa nyaman selama musim panas. (NJB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s