Jakarta Masuki Status Siaga 1 Banjir

Ilustrasi banjir.

Ilustrasi banjir. (sumber: EPA/Dedi Sahputra)

Jakarta saat ini sudah memasuki status Siaga 1, karena sudah ada pintu air yang telah mencapai status Siaga 1.

Nampaknya banjir belum mau surut dari Jakarta Rabu (16/1) hari ini. Saat ini ketinggian muka air di beberapa pintu air masih menunjukkan kenaikan. Jakarta saat ini sudah memasuki status Siaga 1, karena sudah ada pintu air yang telah mencapai status Siaga 1.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, tinggi muka air Pintu Air Karet sudah mencapai status Siaga 1 dengan ketinggian muka air mencapai 660centimeter (cm).

Warga di sekitar Pintu Air Karet harus mewaspadai datangnya banjir yang akan tiba karena ketinggian muka air di pintu air tersebut yang sudah berstatus Siaga 1.

Sementara itu Pintu Air Katulampa, Bogor telah mencapai status Siaga 2, dengan ketinggian air mencapai 170cm.

Begitu pula halnya dengan Pintu Air Manggarai juga sudah  Siaga 2 dengan tinggi muka air mencapai 920cm. Hanya tinggal 70cm lagi, maka pintu air ini masuk ke status Siaga 1.

Lalu, Pintu air Pasar Ikan juga masuk dalam status Siaga 2, dengan ketinggian muka air setinggi 206cm.

Dari hasil pantauan BeritaSatu.com di kawasan Karet, banjir sudah terjadi di kawasan Bendungan Hilir tepatnya di jalan depan Rumah Sakit AL Mintohardjo.

Lalu banjir juga  menggenangi Jalan Karet Pasar Baru Barat I dan II, dengan ketinggian air sekitar 50cm.

Sementara itu warga Karet Tengsin yang menjadi korban banjir memilih untuk bertahan di rumahnya masing-masing karena ketinggian air masih belum tinggi.

Karena, rata-rata warga sudah membangun rumahnya bertingkat. Mengingat  kawasan tersebut sudah merupakan langganan banjir, karena berada dalam  aliran sungai Krukut.

Warga Jalan Karet Pasar Baru Barat II RT 05 RW 05, Rina Pangaribuan  (35), mengatakan banjir yang terjadi sejak kemarin Selasa (15/1) malam.

“Air sudah  setinggi setengah meter saja. Kami memilih tidak mengungsi, karena rumah sudah ada tingkatnya. Jadi kami bisa tidur di kamar atas saja,” ujar Rina.

Penulis: Lenny Tristia Tambun/ YUD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s