Akibat Lahan Parkir, Rusunami Salah Sasaran

detail berita

BANDUNG – Pembangunan rumah susun sederhana milik (rusunami) selama ini dinilai salah sasaran. Untuk meminimalisir hal tersebut perlu adanya regulasi yaitu tidak mengizinkan dibuatnya tempat parkir pada gedung rusunami.

Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI) Setyo Maharso mengatakan jika tidak ada lahan parkir di sebuah rusunami, maka secara tidak langsung akan tersaring calon pembeli (konsumen).

“Selama ini kan salah sasaran karena itu, yang menikmati rusunami bukan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Terbukti karena yang rata-rata tinggal di situ pakai mobil pribadi,” ujar Setyo, di sela-sela Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) REI di Bandung, kemarin.

Menurut Setyo, regulasi tersebut telah diusulkan ke pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) agar nantinya bisa menghasilkan sebuah regulasi atau peraturan yang sifatnya nasional.

“Jadi, Menpera akan usulkan ke pusat dan DPR, karena yang namanya regulasi kan harus berlaku nasional. Sementara kami juga sudah mengajukan surat ke Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, karena Jakarta akan jadi pilot project dari regulasi ini,” paparnya.

REI menargetkan untuk membangun 258 tower rusunami, sebagai bagian dalam program pembangunan 1.000 tower yang telah dicanangkan pemerintah sejak beberapa tahun lalu.

“Untuk itu, tahun ini kami akan melanjutkan pembangunan proyek-proyek rusunami yang sudah. mendapatkan izin. Di mana saat ini yang sudah terbangun sekira 79 tower rusunami,” imbuh Setyo.

Dia menuturkan, mayoritas rusunami yang dibangun oleh REI berlokasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), yang tersebar di wilayah barat, timur dan selatan.

“Jadi karena masih ada utang pembangunan ini, maka kami selesaikan dahulu. Pengembang pun bebas membuatnya dalam bentuk rusunami atau apartemen sederhana milik (anami),” ujarnya. (nia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s