Atas Dasar Apa Wisatawan Memilih Hotel?

(Foto: indiaadvices)

(Foto: indiaadvices)

INTERNET menjadi kebutuhan semakin banyak orang di seluruh dunia, pun ketika mereka memilih hotel selama pelesir. Ternyata, tak selamanya mereka mengandalkan situs ulasan perjalanan.

TripAdvisor ataupun situs lain yang menampilkan ulasan mengenai hotel rupanya tidak terlalu berpengaruh terhadap pilihan wisatawan, setidaknya saat pemikiran awal. Hanya 2,9 persen dari 40.000 responden yang mengaku melihat situs ulasan hotel untuk memilih tempat menginap mereka.

Sebuah survei dilakukan Market Matrix kepada 40.000 wisatawan yang berasal dari Amerika, Eropa, dan Asia selama 2012. Survei dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor penentu pemilihan tempat menginap para wisatawan.

Hasilnya, sebanyak 30,2 persen akan memilih hotel berdasarkan lokasi hotel tersebut. Mereka lebih memilih hotel dengan akses yang cukup mudah. Pemilihan hotel selanjutnya berdasarkan harga, yang dipilih 15,7 persen responden, seperti dilansir CNN, Jumat (18/1/2013).

Faktor pengalaman pernah menginap di hotel tersebut dipilih 11,9 persen responden, selanjutnya yang dipilih 5 persen responden berturut-turut adalah rekomendasi teman dan promosi. Sementara, hasil ulasan online, hadiah, dan ketersediaan fasilitas hanya dipilih kurang dari 3 persen responden. Dan, fasilitas hotel yang mengusung tema “hijau” alias go green hanya dipilih 0,5 persen responden.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s