Inilah Versi Resmi Peta Banjir Jakarta dari Google

JAKARTA, KOMPAS.com — “Tanggal 17 Januari 2013, hujan deras mengakibatkan banjir besar yang melanda ibu kota Indonesia, Jakarta, sehingga melumpuhkan kota. Kami akan terus memperbarui laman ini dengan peta, tautan, dan sumber daya lainnya yang bisa digunakan.”

Kalimat di atas menjadi pembuka halaman Google Crisis Response yang menyajikan informasi seputar banjir, termasuk peta sebaran titik-titik banjir di Jakarta.

Pengguna internet dapat mengakses laman ini untuk mengetahui daerah mana saja yang terkena dampak, berikut informasi perkiraan ketinggian air di lokasi yang bersangkutan (ditandai dengan pointer berwarna biru).

Laman tersebut juga memuat nomor telepon hotline Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), informasi keadaan lalu lintas di sejumlah ruas jalan di Ibu Kota, serta beberapa resource lainnya.

Dengan adanya informasi di Google Crisis Response ini, diharapkan pihak-pihak yang berkepentingan bisa mengakses informasi terkini dengan cepat dan mudah lewat jaringan internet.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang pengguna berinisal “dest” berinisiatif membuat peta banjir Jakarta dengan memanfaatkan fitur di Google Maps.

Selain itu, pengguna internet juga bisa memantau lokasi banjir dari akun Twitter Traffic Management Centre Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (@TMCPoldaMetro) dan lalu lintas dari LewatMana.com (@LewatMana).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s