Pasar Rumput Jakarta ‘Disulap’ Jadi Apartemen Sewa, IMB Sedang Diurus

Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI dan Kementerian Perumahan Rakyat akan membangun rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) di Pasar Rumput, Jakarta Pusat. Surat izin mendirikan bangunan (IMB) pendahuluan sedang diurus.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz saat ditemui usai membuka Rakernas Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) di Menara BTN, Jakarta, Rabu (16/1/2013).

“Sekarang dalam pembuatan desain dan di Pemdanya pengurusan pengalihan tanah dari PD Pasar Jaya kembali ke Pemda untuk bisa kita manfaatkan,” kata Djan.

Dia mengatakan, saat ini IMB pendahuluan dibuat dan dirinya ingin mulai Maret 2013, pembangunan rusunawa di lokasi tersebut bisa dilakukan. Rusunawa ini dibangun untuk merelokasi masyarakat penghuni bantaran Kali Ciliwung.

“Anggarannya Rp 400 miliar yang seluruhnya diambil dari APBN. Ada 2 lokasi Rusunawa yang terdiri dari 5 ribu unit untuk 5 ribu kepala keluarga. Tingginya 32 lantai, tapi kita usahakan bisa 40 lantai,” tutur Djan.

Soal harga sewanya, Djan mengatakan, Pemprov DKI akan memberikan subsidi agar harga sewanya bisa murah. Kira-kira harga sekitar Rp 200.000 per bulan. Seperti diketahui, pembangunan Rusunawa ini juga untuk menormalisasi Kali Ciliwung, agar tak ada bangunan hunian di sekitar bantaran kali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s