Perbaikan Tanggul Latuharhary Ditargetkan Selesai Hari Ini

 

Jokowi saat melakukan peninjauan ke tanggul Latuharhary yang jebol, Jumat (18/1).

Jokowi saat melakukan peninjauan ke tanggul Latuharhary yang jebol, Jumat (18/1). (sumber: Deti Mega/ Suara Pembaruan)

Tanggul jebol 30 meter ditargetkan kelar ditangani hari ini.

Jebolnya tanggul Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, pada Kamis (17/1) sempat membuat lumpuh jalan protokol Sudirman dan Thamrin, Jakarta Pusat. Tak hanya itu, Stasiun Sudirman pun terendam banjir, sehingga kereta rel listrik (KRL) tak bisa melintasi stasiun tersebut.

Hingga Jumat (18/1), air yang mengalir dari tanggul yang jebol masih menggenangi kawasan Bundaran Hotel Indonesia dan menghambat perjalanan KRL.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang sudah meninjau ke lokasi jebolnya tanggul sejak kemarin menargetkan perbaikan tanggul tersebut rampung hari ini. Pasalnya seluruh bantuan untuk pembuatan tanggul, seperti batu, pasir, dan lainnya, sudah disiapkan sejak kemarin untuk membuat bronjong atau tanggul sementara.

“Hari ini harus rampung. Kejadian seperti ini kan dadakan ya, jadi alat harus didatangkan dan dipersiapkan. Semuanya kan sudah dikerahkan bantuan dari Kodam dan Kopasus, sudah kita minta semuanya. Tapi kan ini jebolnya bukan 1-2 cm, tapi 30 meter,” ujar Jokowi saat melakukan peninjauan pagi ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Ery Basworo mengatakan ada 450 kubik batu untuk perbaikan sementara tanggul yang jebol tersebut. Akan tetapi persediaan yang dimiliki Dinas PU tidak cukup, sehingga diperlukan bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan swasta.”Dibutuhkan sebanyak 450 kubik batu. Tadi dari Dinas PU sudah 10 rit. Tapi masih kurang. Kita juga minta bantuan swasta,” ujarnya.

Penulis: Suara Pembaruan/DMP/AB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s