Banjir Mulai Surut, Akses ke Bandara Soekarno-Hatta Kembali Normal

Ilustrasi foto: Angga/detikFinance

Jakarta – Pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) menegaskan akses dari dan menuju bandara hari ini sudah normal pasca banjir di DKI Jakarta beberapa hari terakhir.

“Hari ini normal aksesibilitas,” tutur Sekretaris Perusahaan AP II, Trisno Heryadi kepada detikFinance, di Gedung DPR Senaya Jakarta, Senin (21/1/2013).

Namun, saat peristiwa banjir kemaren, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pengelola bandara wilayah Indonesia Barat ini menjelaskan tidak ada pengaruh dampak banjir terhadap lalu lintas penerbangan pesawat.

“Hari pertama hanya berdampak kepada pengguna jasa (penumpang),” tambahnya.

Pasca banjir yang membatasi gerak penumpang dari dan ke bandara, Trisno menjelaskan, AP II melakukan langkah sigap yakni menggandeng berbagai pihak menyediakan sarana transportasi untuk lalu lintas penumpang atau pekerja ke Bandara Soetta.

“Kita melakukan inisiasi dengan TNI, Polri, SAR dan airline menyiapkan kendaraan truk dan bus. Hari dua, kendaraan back to base (TNI, Sar dan Polri) karena di tempat lain sangat dibutuhkan,” sebutnya.

Namun, AP II tetap siaga andai sewaktu-waktu terjadi banjir kembali. Selain menyediakan transportasi, saat itu AP 2 juga menghimbau para penumpang untuk datang lebih awal dan menggunakan transportasi umum (bus) agar memudahkan mobilisasi atau pemindahan penumpang saat banjir kemaren.

“Hari pertama dan kedua memberikan kelonggarakan kepada airline supaya diangkut penerbangan berikutnya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s