Investasi Orang Terkaya RI di Tambang Grup Bakrie Anjlok 70%

Foto: Reuters

Jakarta – Komisaris Bumi Plc Samin Tan mengakui terlalu meremehkan kisruh antara Grup Bakrie dan Nathaniel Rothschild di perusahaan tambang tersebut. Nilai investasi yang dulu Samin masukkan ke Bumi Plc sudah anjlok lebih dari 70%.

“Melihat perkembangan terakhir, harus diakui bahwa kami salah telah salah menilai betapa rumitnya masalah dan rusaknya hubungan Bakrie dan Nat itu,” kata Samin Tan kepada Financial Times, Senin (21/1/2013).

Samin ikut terlibat dalam kisruh antara Bakrie-Rothschild setahun lalu dengan mengucurkan dana US$ 1 miliar untuk setengah dari 47,6% saham Bumi Plc yang dipegang Grup Bakrie.

Sejak saat itu, hanya dalam jangka waktu satu tahun, nilai investasinya anjlok lebih dari 70% gara-gara amblesnya harga batubara ditambah kisruh antara dua kubu yang saling serang melalui media massa.

Selain itu, saham Bumi Plc juga susah bangkit karena jumlah utang yang tinggi ditambah tudingan penyelewengan dana yang berujung pada audit investigasi oleh McFarlane.

Samin, yang masih masuk daftar salah satu orang terkaya di Indonesia, lebih memikirkan reputasi dan nama baik Indonesia di dunia internasional dalam kisruh ini meski investasinya sudah terjun bebas seperti sekarang ini.

“Ini (perseturuan Bakrie-Rothschild) tidak diragukan lagi membuat (investor) asing lebih berhati-hati untuk berinvestasi di Indonesia. Seharusnya, masalah ini diselesaikan secara tertutup,” ujarnya.

Ia mengaku hubungannya dengan Rothschild malah menjadi semakin rumit, padahal ia tidak merasa ada pertentangan antar pribadi dengan investor asal Inggris itu. Tapi ia menyayangkan sikap Rothschild yang menjelek-jelekkan Bakrie lewat media massa dan menuduh Bakrie bertanggung jawab atas anjloknya harga saham Bumi Plc.

Sebelumnya, optimistis bisa menepis ‘serangan’ yang dilancarkan Nathaniel Rothschild di perusahaan tambang yang dulu bernama Vallar Plc itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s