Pemda DKI Harus Belajar dari Kasus Plaza UOB

detail berita

Ilustrasi banjir di Ibu Kota (Foto: Runi/okezone)

JAKARTA – Kasus kebanjiran yang menimpa gedung UOB Plaza, di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat masih menyisakan banyak tanya. Selain mengenai korban jiwa, gedung ini pun dipertanyakan kalayakannya, terutama mengenai ruang bawah tanah (basement) gedung.

Menyoroti hal ini, pengamat tata kota yang juga akademisi Universitas Trisakti , Rudy Parluhutan Tambunan mengemukakan, kasus yang terjadi di basement gedung UOB Plaza adalah salah satu contohnya. Seharusnya pada saat gedung ini didesain harus diperhitungkan prinsip-prinsip minimalisasi resiko.

“Akibat jebolnya tanggul Latuharhary ini sudah termasuk bencana. Air limpas pada corong untuk menampung air mengarah ke UOB dan maslahnya pintu basementnya  menghadap ke selatan,” kata Rudy kepada Okezone, di Jakarta, Senin (21/1/2013).

Lebih lanjut dia memaparkan, salah satu persyaratan sebuah gedung bisa dibangun adalah memenuhi ketentuan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal). Dalam amdal tersebut terdapat ketentuan mengenai analisis dampak bangunan terhadap lingkungan sekitarnya. Seharusnya, menurut Rudy,  diperlukan pula analisis dampak lingkungan terhadap bangunan, sehingga timbal balik, dan dampak dari kedua sisi bisa dilihat.

“Jadi, pelajaran bagi perencana kota dan perencana bangunan, harus melihat implikasi kota (lingkungan) terhadap bangunan yang dibuat. Hal ini sudah pernah diingatkan oleh mantan Menteri Lingkungan Hidup Emil Salim dan Alm. Prof. Otto Sumarwoto dari Unpad, tapi ya gitu enggak ada respon dari pemerintah kita,” ujar dia.

Rudy menturkan, seharusnya Pemerintah DKI Jakarta, terutama dinas tata ruang mengambil pelajaran besar mengenai rencana tata ruang bawah tanah.

“Sudahkah DKI memilki Rencana Tata Ruang Bawah Tanah? Terutama untuk beberapa koridor di bagian tertentu  Jakarta yang intensitas bangunannya tinggi, seperti Thamrin-Sudirman, Kuningan, TB Simatupang, dan beberapa koridor lainnya,” imbuhnya. (nia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s