Pesta Pora di Surga Backpacker Dunia

Vang Vieng, Laos (Foto: CNN)

Vang Vieng, Laos (Foto: CNN)

DI Laos terdapat sebuah desa kecil yang ramai dikunjungi wisatawan, yaitu desa Vang Vieng. Desa ini dikenal sebagai surganya para backpacker.

Desa Vang Vieng di Laos awalnya merupakan sebuah desa wisata yang memiliki pemandangan indah dan suasana tenang. Desa ini terletak di Provinsi Vientiane, sekira empat jam perjalanan dari Ibu Kota Laos, Vientiane. Sejak dulu, desa ini memang telah menjadi pusat para backpacker dari Eropa dan Australia.

Dulu, setiap pekan pasti ada saja pembangunan guest house baru di Vang Vieng. Sehingga  desa ini dipenuhi bar, kafe, serta penginapan yang setiap harinya memasang musik-musik keras. Daya tarik Vang Vieng kini adalah bir dan narkotika, yang bisa didapatkan dengan harga sangat murah di hampir semua bar dan kafe yang ada di desa ini.

Atraksi utama di desa ini adalah berenang di Sungai Nam Song menggunakan ban renang besar (tubing), dan menurut tempat penyewaan ban tersebut, setiap harinya ada lebih dari 500 ban yang disewakan. setiap harinya jalanan di desa ini dipenuhi para wisatawan yang mabuk-mabukan dan berpakaian tidak pantas serta berpesta semalaman suntuk.

Backpacker
ini menghabiskan setidaknya dua pekan hingga sebulan di Desa Vang Vieng. Mereka bahkan bekerja di bar dan kafe untuk mendapatkan penginapan serta minuman gratis sepuasnya. Sayangnya, sejak aktivitas tubing dilarang pemerintah karena berbahaya, Vang Vieng menjadi semakin sepi dari backpacker asing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s