Banjir Jakarta Tak Pengaruhi Pasar Properti

Jakarta – Ketua Umum Real Estate Indonesia Setyo Suharso menyatakan banjir yang melanda Ibu kota selama beberapa hari terakhir tidak akan berdampak pada pasar properti. “Ini kan sangat sementara, tidak akan berpengaruh,” ujarnya saat dihubungi, Ahad 20 Januari 2013.

Apalagi, kata Setyo, saat ini okupasi bisnis properti, khususnya untuk perkantoran dan perumahan lebih banyak di kawasan Jakarta Barat dan Jakarta Selatan yang relatif tak terlalu parah terkena banjir. Berbeda misalnya dengan kawasan Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Jakarta Timur yang paling parah tergenang banjir.

Setyo menyatakan, saat ini pertumbuhan pasar properti di Jakarta sedang sangat positif. Faktor pendorongnya adalah pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Derasnya arus investasi mengakibatkan tingginya permintaan terhadap perkantoran, sementara naiknya pendapatan per kapita mendorong daya beli masyarakat pada perumahan yang memadai.

“Banjir di Jakarta kan bisa dibilang rutin, setiap tahun ada dan sult dihindari. Orang sudah maklum lah,” ujar Setyo.

Pendapat Setyo dibenarkan oleh Direktur Riset Colliers Internasional, Ferry Salanto. Menurutnya, banjir di awal tahun ini tak akan menghambat pertumbuhan property di Jakarta yang telah terasa sejak tahun lalu. “Padahal tahun lalu juga ada banjir kan,” ujarnya.

Ferry menyatakan, selama perekonomian secara makro tidak terpengaruh banjir, maka pasar property akan tetap aman. “Saya lihat respon pemerintah dalam menghadapi maslaah ini juga cukup baik, jadi tidaka akan banyak terpengaruh.”

Menurut Ferry, tren pertumbuhan positif pada 2013 didorong permintaan dari perusahaan luar negeri yang bergabung di industri perbankan dan keuangan, perminyakan dan pertambangan, serta telekomunikasi. Tahun ini, sektor ini mencatatkan kenaikan 35 persen harga sewa dan 32 persen pertumbuhan modal.

Selain perkantoran, kebutuhan akan perumahan disebut Ferry juga tetap tinggi. Tahun lalu, ia mencatat tambahan supplay apartemen dan kondominium sebesar 22,483 units atau 41 persen lebih besar dibanding tahun sebelumnya. “Tahun ini saya kira pertumbuhannya akan tetap tinggi,” ujarnya.

PINGIT ARIA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s