Bisnis Properti Jawa Timur Tetap Menjanjikan

Surabaya-Bisnis properti 2013 ini masih tetap cemerlang. Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (REI) Jawa Timur menargetkan penjualan 20 ribu unit rumah sederhana tapak (RST). Ketua REI Jawa Timur Erlangga Satriagung mengatakan dengan laju pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan mencapai 7,5 persen, bisnis properti juga akan tumbuh sangat bagus. “Bisnis properti perkiraan saya masih masih bagus untuk 2013 ini,” kata Erlangga dhubungi Tempo, Senin, 21 Januari 2013.

Apalagi menurut Erlangga, pemerintah juga melakukan langkah tepat meningkatkan transaksi ekonomi. Dengan rancangan ekonomi yang demikian, daya beli diprediksi akan naik. Terutama jika bicara soal masyarakat kalangan ekonomi menengah yang meningkat sangat tajam. Hal itu berarti, kebutuhan perumahan untuk kelompok masyarakat tersebut pasti juga meningkat. “Mereka yang menengah ini meningkat tajam 50-60 juta tahun lalu,” ujarnya.

Pada 2012, 15.128 unit RST terjual di pasaran Jawa Timur. Padahal saat itu, bisnis properti sempat terkendala regulasi pembatasan uang muka kredit sehingga nyaris tidak beroperasi selama satu semester. Meski tidak memenuhi target 25 ribu unit, tapi penjualan tersebut sudah menunjukkan bahwa bisnis properti masih tetap menjanjikan. Tahun ini, ada kenaikan hingga 20 persen.

Optimisme juga dikatakan Marketing Manager Citraland Utara Ayu Asri. “Kami tetap optimis, bisnis properti masih bagus tahun ini,” katanya.

Dalam dua hari pameran properti di Grand City Surabaya, misalnya, Citraland Utara Surabaya sempat kewalahan melayani pertanyaan sejumlah pelanggan yang ingin mencari rumah. Dikatakan Asri, setiap tahun penjualan rumah selalu naik 50 persen. Pada 2012 lalu, Citraland Utara berhasil menjual 211 unit rumah dengan range harga Rp 700 juta hingga Rp 1,2 milyar. Targetnya, tahun ini ada penjualan rumah bisa meningkat 30 sampai 50 persen.

AGITA SUKMA LISTYANTI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s