Jumlah Penganggur di Dunia Bertambah 4 Juta Orang

Kuli jalanan

Kuli jalanan (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

VIVAnews – Jumlah penganggur di penjuru dunia telah naik sebanyak empat juta orang. Jumlahnya pun dikhawatirkan bisa bertambah saat resesi ekonomi di sejumlah negara belum bisa diatasi.

Peringatan itu disampaikan Organisasi Pekerja Internasional (ILO), yang dibentuk oleh Perserikatan Bangsa Bangsa. ILO menyusun laporan tahunan “Global Employment Trends” yang bersumber dari statistik tahun lalu.

Menurut laporan itu, seperti yang diperoleh stasiun berita BBC, jumlah penganggur pada 2012 bertambah empat juta jiwa menjadi 197 juta orang. ILO memproyeksikan bahwa jumlah penganggur di seluruh dunia bisa bertambah menjadi 5,1 juta orang tahun ini dan tiga juta orang pada 2014.

Kaum muda merupakan pihak yang paling banyak menjadi penganggur. Hampir 13% dari total penganggur angkatan kerja produktif saat ini berusia di bawah 24 tahun. Bila diukur dalam persentase, jumlah warga angkatan kerja yang tidak punya lahan penghidupan pada 2012 sebanyak 6 persen.

Tren ini mencerminkan masih lemahnya perekonomian di banyak negara, demikian penilaian ILO. Bahkan muncul pola bahwa jumlah kasus pengangguran jangka panjang juga bertambah.

Di Eropa, contohnya, sepertiga dari total penganggur sudah lebih dari setahun tidak bekerja. Banyak penganggur yang sudah menyerah, karena sekitar 39 juta orang sudah menarik diri dari pasar tenaga kerja.

Direktur Jenderal ILO, Guy Ryder, menilai bahwa ketidakpastian prospek ekonomi, beserta kebijakan pemerintah yang tidak memadai untuk menanggulanginya, telah menyebabkan lemahnya permintaan tenaga kerja dan banyak yang enggan berinvestasi dan merekrut pekerja.

ILO juga menyerukan lebih banyak dana untuk disuntikkan ke pelatihan kejuruan untuk memperlengkapi kaum muda agar siap pakai di lapangan kerja. (eh)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s