1.600 Unit Apartemen Bakal Padati DKI, Tambah Banjir kah?

detail berita

Banjir di Jakarta (foto: dok.okezone)

JAKARTA – Jumlah unit apartemen diperkirakan akan semakin bertambah setiap tahunnya. Berdasarkan riset konsultan properti Coldwell Banker Commercial, setidaknya akan ada 1.600 unit apartemen sewa yang akan memenuhi Jakarta.

Menanggapi hal ini, Ahli Tata Kota, Tjuk Kuswartojo mengatakan jika hal tersebut positif asalkan ada hal-hal yang harus diperhatikan. Misalnya terkait dengan struktur bangunan.

“Pembangunan apartemen itu positif, karena akan membuat kepadatan bangunan,” ungkapnya saat dihubungi Okezone, Senin (28/1/2013).

Dia menjelaskan, struktur bangunan tersebut adalah jika pembangunan fondasi apartemen menggunakan tiang pancang yang ditanam ke dalam tanah hingga tanah keras. Dengan proses tersebut, dapat mengantisipasi terjadinya penurunan tanah hingga terjadinya banjir.

“Tanah jadi lebih longgar untuk dibuat sebagai sumur resapan air dan dapat sebagai cadangan air,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan riset konsultan properti Coldwell Banker Commercial, pasar apartemen sewa di Jakarta terus mengalami peningkatan. Hal ini dilihat dari tingginya permintaan yang berasal dari banyaknya warga asing yang masuk untuk bekerja di Jakarta.

“Dalam beberapa tahun ke depan, diperkirakan akan ada sekira 1.600 unit apartemen sewa yang masuk dalam pasar Jakarta. Dari sembilan proyek apartemen sewa, enam di antaranya berlokasi di luar kawasan pusat bisnis atau central business district (non-CBD) area dan tiga lainnya berada dalam kawasan CBD,” ungkap laporan tersebut. (nia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s