Bahasa Jadi Kendala Keliling Dunia? Tidak Lagi!

Ilustrasi (Foto: Smartertravel)

Ilustrasi (Foto: Smartertravel)

INGIN berkeliling dunia, tapi tidak mahir menggunakan bahasa asing? Jangan sampai hal tersebut jadi kendala.

Berkeliling dunia sudah pasti menjadi impian semua orang. Namun terkadang, bahasa menjadi kendala untuk mewujudkannya. Ketakutan akan sulitnya berkomunikasi di negara tujuan membuat beberapa orang lebih memilih daerah-daerah dengan bahasa yang sudah mereka kuasai. Padahal, masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk menutupi kelemahan Anda dalam hal penguasaan bahasa.

Berikut adalah beberapa panduan yang dapat diikuti bagi Anda yang ingin berlibur ke sebuah negara dengan bahasa yang tidak dipahami, seperti dilansir Smartertravel.



Pahami percakapan dasar
Mengetahui ucapan-ucapan dasar dari bahasa yang digunakan oleh sebuah negara tentunya akan memudahkan Anda dalam berkomunikasi. Cobalah menghapal kata-kata dasar, seperti halo, tolong, terima kasih, nama saya, dan saya tersesat dalam bahasa setempat.



Tulis informasi penting
Tuliskan informasi penting mengenai diri Anda, seperti alamat penginapan dan nomor kontak yang dapat dihubungi dengan bahasa lokal. Alhasil jika tersesat, Anda dapat kembali ke hotel dengan mudah.



Pelajari bahasa “Tarzan”
Pelajari kebiasaan di negara yang akan Anda kunjungi, termasuk bahasa tubuh yang mereka gunakan. Tak selamanya mengangguk berarti setuju dan menggeleng berarti menolak, misalnya saja ketika Anda berkunjung ke Bulgaria.



Bawa kamus
Jika memang Anda kurang percaya diri, bawalah kamus bahasa setempat. Sehingga jika bingung, Anda dapat membuka kamus untuk mencari kata kunci.



Manfaatkan teknologi
Saat ini, sudah sangat banyak aplikasi yang dapat membantu Anda ketika berpergian ke luar negeri. Persiapkan aplikasi, seperti peta, kamus, serta penerjemah teks dan suara yang pasti akan Anda perlukan sewaktu-waktu. Kalkulator pun sangat berguna untuk tawar-menawar harga saat membeli oleh-oleh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s