Gara-gara Garuda dan Pertamina, Rupiah Jadi ‘Loyo’

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar belakangan terus melemah di kisaran Rp 9.600/US$. Penurunan diperkirakan akan terus terjadi jika tidak ada perhatian serius oleh bank sentral dan pemerintah.

Pengamat ekonomi Aviliani menjelaskan, tahun 2013 normalnya nilai tukar rupiah terhadap dolar berada di kisaran Rp 9.100/US$ hingga Rp 9.300/US$.

“Nilai tukar 2012 seharusnya Rp 9.100-Rp 9.300/US$, 2013 juga segitu,” tutur Aviliani pada acara diskusi di Hotel Arya Duta Jakarta Pusat, Senin (28/1/2013).

Anggota Komite Ekonomi Nasional (KEN) ini pun memiliki pandangan sendiri terhadap melempemnya nilai tukar rupiah tersebut. Gemarnya perusahaan di Indonesia membeli barang modal atau impor produk dari luar negeri sangat berpengaruh terhadap nilai tukar rupiah.

Ia mencontohkan kegiatan yang berpengaruh terhadap pelemahan rupiah, seperti impor minyak untuk keperluan dalam negeri oleh PT Pertamina (Persero) atau pembelian pesawat oleh maskapai dalam negeri seperti Garuda Indonesia.

“Begitu Garuda beli pesawat 100 pesawat tahun lalu, rupiah turun. Pertamina juga bikin masalah dengan impor minyak,” tambahnya.

Alternatif mengerem penurunan nilai tukar rupiah akibat banyaknya pembelian barang modal dari luar negeri adalah mengurangi impor barang modal dan memaksimalkan produksi barang modal di dalam negeri dengan program subtitusi produk.

“Pemerintah mulai memikirkan subtitusi impor karena impor masih 70% (barang modal). Kedua, bargaining postision kalau impor kita sparepart diproduksi dalam negeri (pesawat). Ketiga mulai mengontrol devisa dengan baik,” pungkasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s