Peta Jadul Kembali Eksis di Wisatawan ABG

Peta wisata kertas tak lagi dianggap ketinggalan zaman (Foto: smh)

Peta wisata kertas tak lagi dianggap ketinggalan zaman (Foto: smh)

DENMARK – Peta kertas kembali menjadi tren di Eropa. Kali ini, peta kertas tidak lagi jadul alias ketinggalan zaman, bahkan digemari kalangan wisatawan muda.

Di zaman teknologi modern masa kini, peta jadul yang terbuat dari kertas tak lagi banyak digunakan. Wisatawan merasa lebih mudah menggunakan GPS (Global Positioning System) atau aplikasi peta di smartphone-nya untuk mencari lokasi tujuan.

USE-IT, kelompok LSM dari Denmark, menciptakan peta wisata baru yang ditujukan bagi wisatawan muda dengan desain dan kegunaan yang disesuaikan dengan kebutuhan masa kini. Peta ini didesain oleh seniman lokal dan kontributor dari seluruh Eropa, dan kini telah menyebar penggunaannya di 23 kota pada 14 negara Eropa. Rencananya, penggunaan peta ini akan lebih banyak lagi dalam waktu ke depan.

Peta dan panduan wisata USE-IT dibuat se’muda’ mungkin agar menarik minat wisatawa ABG. “Isi panduan wisatanya dibuat tidak biasa, dengan menampilkan tempat-tempat wisata yang tidak dicantumkan di buku panduan wisata kebanyakan,” kata Oliver Bourdon, turis dari Montreal yang menggunakan peta ini, seperti dikutip SMH, Senin (28/1/2013).

USE-IT dapat diperoleh dengan cuma-cuma di kantornya di Brussels, Denmark. Saat mengambil peta ini, Anda akan disambut oleh sukarelawan yang siap membantu menggunakan peta semaksimal mungkin. Anda bisa mengambil peta kota-kota di Eropa, mulai dari Wina hingga Porto.

Dalam panduan wisata tersebut juga terdapat lokasi hostel, restoran, bar, dan atraksi unik lainnya. Misalnya, pada peta Kota Bruges, Belgia, terdapat petunjuk “tempat terbaik untuk berciuman”, ada pula penunjuk waffle terenak di kota penghasil waffle itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s