Tempat Wisata Tersohor Jadi Pusat Rehabilitasi Narkoba

Pusat Rehabilitasi Promises di Malibu, California (Foto: promises)

Pusat Rehabilitasi Promises di Malibu, California (Foto: promises)

MEREKA yang tertangkap lantaran kasus konsumsi narkoba tak hanya akan menghadapi hukuman penjara. Yang lebih dibutuhkan justru tempat rehabilitasi yang kondusif.

Menurut data dari Badan Narkotika Nasional (BNN), pada periode 2007-2011 terdapat 37,5 persen kasus konsumsi narkoba. Dengan diciduknya Raffi Ahmad dan sejumlah artis dalam pesta narkoba kemarin, banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara pemberantasan narkoba.

Salah satu cara pemberantasan narkoba dengan rehabilitasi para penggunanya. Biasanya, pusat rehabilitasi narkoba dibangun di tempat yang kondusif; tenang, nyaman, dan sejuk. Bahkan, ada tempat wisata yang dijadikan pusat rehabilitasi. Simak ulasannya berikut ini:

Malibu, California 

Di luar negeri, bertebaran pusat-pusat rehabilitasi narkoba, yang tak jarang dihuni para selebriti. Salah satunya adalah Promises di Pantai Malibu, California. Pantai ini sendiri sudah terkenal sebagai destinasi wisatawan di California.

Promises didesain seperti sebuah villa mewah menghadap langsung ke Samudera Pasifik dan dikelilingi Pegunungan Santa Monica. Area sekitarnya sangat terpencil dan jarang dikunjungi orang sehingga cocok menjadi pusat rehabilitasi. Selebriti yang pernah direhabilitasi di sini, antara lain Ben Affleck, Robert Downey Jr, dan Tommy Lee.

Koh Samui, Thailand

Keindahan dan tenangnya pulau-pulau ‘surga’ di Thailand juga menginspirasi dibangunnya pusat rehabilitasi narkoba. Salah satunya Infinite Horizons yang berada di Pulau Koh Samui, Thailand. Pulau Koh Samui merupakan ketiga terbesar di Thailand, yang terkenal dengan pantai indah dan resor mewah. Ini menjadikannya pulau liburan wisatawan kelas atas.

Pusat rehabilitasi Infinite Horizons di Koh Samui didesain mewah namun sangat pribadi karena hanya boleh ada enam tamu dalam sekali waktu. Keindahan Laut Andaman dan pantai pulau ini diharapkan dapat membantu proses penyembuhan para pecandu narkoba.

Lido, Bogor 

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Indonesia juga punya pusat rehabilitasi narkoba yang terletak di tengah pemandangan alam nan indah. Namanya Pusat Rehabilitasi Penanganan Korban Narkoba Lido (PRPKN Lido) yang terletak di Desa Wates Jaya, Bogor.

Lido sejak dahulu dikenal sebagai tempat wisata berudara sejuk karena berada di luar Kota Bogor menuju Sukabumi. Kawasan wisata ini dikenal dengan danaunya yang memiliki hotel berbintang di sekelilingnya.

Ternyata, alam Lido juga menjadi pusat rehabilitasi narkoba. Bahkan, pusat rehabilitasi narkoba di Lido menjadi yang terbesar di Asia Tenggara! Di dalamnya terdapat asrama untuk para residen dan fasilitas penunjang lain.

Diharapkan para pecandu narkoba dapat sembuh dari ketergantungannya setelah beberapa bulan berada di pusat rehabilitasi ini. Artis yang pernah direhabilitasi di sini adalah Andhika eks “Kangen Band” dan Izzy “Kangen Band”.

Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu 

Tak jauh dari Jakarta, tepatnya di Kepulauan Seribu, juga terdapat pusat rehabilitasi narkoba. Namanya Sebaru Beach Recovery Resort yang terletak di Pulau Sebaru.

Pulau ini sejatinya adalah kosong tak berpenghuni, ingga akhirnya dibangun pusat rehabilitasi beberapa tahun lalu atas kerja sama Badan Narkotika Nasional dan Yayasan Nusantara Astriprima. Kawasan pulau ini hanya sesekali didatangi wisatawan untuk menyelam ataupun snorkeling di sekitarnya. Keindahan bawah laut Pulau Sebaru memang menarik hati para penyelam karena masih sangat perawan. (dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s