Akhirnya, Turis Internasional Capai Angka 1 Miliar!

(Foto: blogabouttourism)

(Foto: blogabouttourism)

UNTUK pertama kalinya, kedatangan turis internasional mencapai angka satu miliar. Hal ini sesuai dengan prediksi PBB menjelang akhir tahun lalu.

Jumlah wisatawan internasional di seluruh dunia akhirnya mencapai angka satu miliar. Dengan ini, jumlah wisatawan internasional naik empat persen menjadi 1,035 miliar pada 2012 dari angka 996 juta pada 2011. Data ini didapat berdasarkan survei tahunan World Tourism Organisation (WTO).

“Meski keadaan ekonomi dunia sedang tidak stabil, aktivitas wisata internasional mampu mempertahankan dirinya,” kata Taleb Rifai, Sekjen WTO, sepeti dikutip SMH, Rabu (30/1/2013).

WTO memprediksi jumlah wisatawan internasional akan tumbuh pada 2013, meski dengan angka pertumbuhan yang lebih rendah, sekira 3-4 persen.

Pariwisata global terpukul keras pada 2008 akibat krisis ekonomi dunia. Ketika itu, pertumbuhan wisatawan internasional melambat menjadi 2,1 persen setelah naik sebesar 6,6 persen di tahun sebelumnya.

Kemudian pada 2009, jumlah wisatawan asing menurun hingga 3,9 persen, menjadikannya yang terburuk dalam 60 tahun akibat merebaknya flu babi yang membuat wisatawan enggan bepergian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s