Penasaran Bagaimana Menu Astronot di Luar Angkasa?

detail berita

(Foto:Psfk)
AMERIKA – Pernah membayangkan bagaimana rasa makanan yang disantap para astronot di luar angkasa? Faktanya, indra penciuman mereka tidak berfungsi selama melayang.

Food Space Systems Laboratory (SFSL) merupakan sektor NASA yang bertanggung jawab untuk menyiapkan makanan bagi para astronot. Tugas mereka sebenarnya tidak begitu menantang karena indra penciuman astronot tidak lagi berfungsi saat berada di luar angkasa dan indra perasa menjadi sangat berkurang ketika berada di ruang hampa udara. Pasalnya, ruang hampa udara memberikan efek samping pada tubuh manusia, termasuk kepadatan tulang.

Dalam teori dijelaskan alasan manusia kehilangan indra perasa ketika berada di luar angkasa. Tubuh manusia dan benda lainnya tidak memiliki gaya berat. Hal ini menyebabkan tubuh manusia mempertahankan cairan di wajah dan kepala sehingga menyebabkan perasaan sesak dan tidak dapat merasakan rasa apapun, sama seperti ketika manusia kedinginan.

SFSL bertugas merancang cara menyimpan makanan sehingga bisa bertahan lama di lingkungan asing. Makanan yang dipersiapkan harus berkualitas tinggi, makanan yang telah dipaketkan mengandung nutrisi cukup tinggi, mudah dihidangkan, dan bisa dikonsumsi di lingkungan hampa udara.

“Misi SFSL adalah menyediakan sistem makanan berkualitas tinggi yang nyaman, cocok dengan tuntutan psikologi dan fisiologis kru astronot, memenuhi persyaratan penyimpanan pesawat ruang angkasa dan dapur pesawat antariksa, dan mudah disiapkan dan dimakan di ruang hampa udara,” tulis SFSL dalam laman resminya, seperti dilansir Psfk, Rabu (30/1/2013).

Menjelang 50 tahun SFSL menyediakan makanan untuk para astronot, kini mereka mulai membuat menu berbahan rempah-rempah dan berasa selain harus bernutrisi. (ftr)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s