“Produksi Minyak RI Sampai 2013 Hanya 830 Ribu Bph”

JAKARTA – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan produksi minyak nasional hingga akhir 2013 sebanyak 830 ribu barel perhari (bph). Hal tersebut dilihat dari realita yang ada di Lapangan minyak saat ini.

“Sebelumnya Menteri Keuangan Agus Martowardoyo mengatakan akan dicapai 850 ribu bph, tapi realitanya dari SKK Migas produksi hingga akhir 2013 sebanyak 830 ribu bph,” ujar Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini seusai rapat di DPR RI, Jakarta, Rabu (30/1/2013).

Dia menambahkan, hal tersebut bukanlah pesimistis, tapi sesuai dengan realita yang ada. Sedangkan yang menetapkan target lifting dalam APBN adalah pemerintah dan DPR. “SKK Migas hanya menyampaikan masukannya,” ujarnya.

Sampai Januari, tambah dia, produksi minyak nasional telah mencapai 828 ribu bph. Oleh karena itu SKK Migas mengungkapkan, sampai akhir tahun, produksi migas yang akan tercapai 830 ribu bph.

“Karena yang menetapkan pemerintah dan DPR, jadi berapapun yang diputuskan kita akan kejar semampu kita,” tegas dia.

Selain itu, di 2013 ini pihaknya berani meyakinkan tidak ada penurunan lifting minyak hingga akhir tahun tidak akan ada.

“Tahun sebelumnya decline sekira 10-12 persen, pada 2013 kita usahakan nol persen,” yakinnya.

Sedangkan untuk penerimaan negara dari sektor migas, Rudi meminta pemerintah mengoreksi kembali, karena parameter untuk lifting minyak berubah. Penerimaan negara berpotensi menurun dengan menurunnya target lifting, tapi tidak menutup kemungkinan jika harga minyak dunia naik.

Sebelumnya Pertamina diminta genjot untuk meningkatkan produksinya hingga 200 ribu barel per harinya karena memiliki lapangan migas 70 persen masih perawan atau belum di eksplorasi,” tutupnya.
(gnm)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s