Tahun Depan, Sektor Properti Diperkirakan Alami Penurunan

Seorang Agen Properti tengah menjelaskan sistem pembelian properti dalam sebuah pameran properti.

Seorang Agen Properti tengah menjelaskan sistem pembelian properti dalam sebuah pameran properti. (sumber: JG Photo/Safir Makki)

Belanja politik untuk tahun 2014 cukup tinggi, karena menghadapi pemilu legislatif dan juga pemilu presiden dan wakil presiden.

Jakarta – Pembangunan properti tahun 2014 diperkirakan akan mengalami penurunan dibandingkan tahun ini. Pasalnya tahun depan sebagai tahun politik (pemilu).

Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Eddy Ganefo mengatakan, belanja properti pada tahun depan diperkirakan bakal menurun capai 30% dari tahun ini.

“Penurunannya diperkirakan capai 30%, cukup signifikan memang,” kata Ganefo, di Jakarta, Rabu (30/1).

Dia katakan, belanja politik untuk tahun 2014 cukup tinggi, karena menghadapi pemilu legislatif dan juga pemilu presiden dan wakil presiden, sehingga belanja untuk properti sedikit direm, karena pengembang masih melihat kondisi keamanan politik.

“Besar juga nanti belanja politiknya, dibandingkan untuk belanja properti,” ujarnya.

Karena itu, lanjutnya, Apersi akan menggenjot tahun 2013 ini untuk bangun perumahan terutama rumah bersubsidi bagi masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Karena Apersi 90% adalah pengembang untuk bangun rumah kelas bawah dan 10% untuk kelas menengah atas.

Tahun ini Apersi menargetkan bagun 100 ribu unit rumah murah (bersubsidi) dan 40 ribu unit rumah untuk kelas menengah atas. “Mudah mudahan ditahun properti ini capain kita sesuai dengan target,” ujarnya.

Penulis: Investor Daily/IMM/FH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s