Asosiasi Agen Perjalanan Minta Deposit Dana Tiket Batavia Air Dikembalikan

Jakarta – Dipailitkannya maskapai penerbangan lokal Batavia Air membuat agen perjalanan (travel agent) yang tergabung dalam Asosiasi Penjual Tiket Penerbangan Indonesia (Astindo) merasa dirugikan. Astindo akan menuntut hak mereka ke pihak Batavia Air.

Ketua DPN Astindo, Elly Hutabarat mengatakan dipailitkannya Batavia Air ini merupakan malapetaka bagi pengusaha travel agent. Mereka ingin Batavia bertanggung jawab untuk mengembalikan dana deposit yang telah disetorkan kepada pihak Batavia Air.

“Karena dana deposit travel agent adalah hak milik travel agent dan bukan merupakan bagian dari aset Batavia Air,” kata Elly dalam keterangan persnya, Kamis (31/1/2013).

Elly menambahkan, dana deposit travel agent disetorkan kepada Batavia Air untuk menerbitkan tiket untuk reservasi yang sudah dibuat. Dengan sistem pembayaran seperti ini, berarti operasional maskapai penerbangan dimodali oleh travel agent.

Meskipun tidak disebutkan berapa besaran dana yang telah disetorkan, namun Elly mengaku sangat menyesal dengan kasus seperti ini. Menurutnya, ini tak hanya terjadi pada kasus Batavia Air saja.

“Kami sangat menyesalkan kejadian ini kembali terjadi untuk kesekian kalinya dan menjadikan travel agent lagi-lagi sebagai pihak yang dikorbankan,” jelasnya.

Lebih lanjut, untuk menghindari kasus-kasus serupa terjadi di waktu yang akan datang, Astindo mendesak pemerintah pusat dalam hal ini, Kementerian Perhubungan untuk mengeluarkan kebijakan tentang penempatan dana deposit travel agent, agar disetorkan dalam escrow account atau rekening gabungan di pihak ketiga.

“Agar dapat ditarik oleh travel agent saat maskapai berhenti beroperasi,” pungkasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s