Hore, Ada Rumah Honai Sehat bagi Masyarakat Papua

detail berita

Contoh rumah honai sehat (Foto: Dok. Kemenpera)

JAKARTA – Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman (Puslitbangkim) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) membangun rumah contoh honai sehat yang akan dibangun untuk masyarakat di Papua. Adanya bangunan rumah honai sehat tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup serta membantu masyarakat Papua yang tinggal di daerah pedalaman untuk dapat memiliki rumah layak huni.

“Saya mengajak masyarakat umum, khususnya masyarakat Papua untuk melihat secara langsung contoh rumah honai sehat yang akan dibangun di daerah paling timur Indonesia,” ujar Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat (1/2/2013).

Menurutnya, bangunan rumah honai sehat tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Papua melalui sektor papan. Mengingat saat ini masih banyak masyarakat Papua yang tinggal di daerah pedalaman dan memilih untuk membangun rumah honai sebagai tempat tinggalnya.

Rumah honai sehat dibangun di sebelah rumah murah berdasarkan direktif Presiden untuk masyarakat di NTT dan Media Center Kemenpera. Rumah honai sehat tersebut dibangun oleh Puslitbangkim Kementerian PU dalam waktu yang cukup singkat, yakni sekitar 10 hari mulai tanggal 8 hingga 17 Januari 2013. Rumah honai sehat merupakan salah satu contoh rumah yang dibangun untuk masyarakat Papua.

“Bangunan rumah honai sehat memiliki panjang, lebar dan tinggi masing-masing sekitar lima meter dan dindingnya terbuat dari papan serta atap dari ilalang. Selain itu, rumah tersebut juga dibangun dua lantai dimana lantai bawah untuk tempat perapian dan di lantai dua untuk tempat beristirahat,” ujar Djan. (NJB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s