15 Hari Imlek, Makan Besar hingga Hari Tenang & Jadi Vegetarian

Suasana imlek (Foto: Demotix)

Suasana imlek (Foto: Demotix)

Sesuai tradisi, perayaan Tahun Baru China dilakukan selama 15 hari berturut-turut. Tanggal 1 pada pergantian tahun merupakan hari yang paling penting. Saat itu menjadi hari libur nasional, parade kembang api, barongsai, pembagian angpao, serta berbagai ornament berwarna merah menghiasi setiap perayaan Tahun Baru China. Orang-orang akan berkumpul dengan keluarga hingga hari kedua.

Berbeda dengan hari kedua, hari ketiga Tahun Baru China dianggap sebagai hari yang tabu untuk pergi jauh dari rumah. Pada hari keempat, kehidupan sudah mulai berjalan normal; kantor dan pusat bisnis sudah mulai kembali beroperasi. Perayaan Imlek banyak digunakan untuk kumpul keluarga dan makan malam bersama.

Pada hari kedelapan, para majikan akan makan bersama karyawannya. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk terima kasih atas kerja sama serta kelancaran bisnis yang telah dilakukan selama setahun penuh.

Perubahan terjadi pada hari ke-13. Setelah 12 hari berturut-turut melakukan makan besar, mereka pun beralih menjadi vegetarian. Hal tersebut dilakukan untuk mengistirahatkan pencernaan setelah makan besar. Selanjutnya, hari ke-14 menjadi hari tenang, semua orang akan beristirahat sebelum menyambut Festival Lentera pada hari ke-15 yang menjadi penutup rangkaian perayaan Imlek.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s