Alasan-alasan Pengguna Beristirahat dari Facebook

Ilustrasi Facebook.

Ilustrasi Facebook. (sumber: AFP)

Drama, bosan, dan kebanjiran informasi yang kurang penting.

Jakarta – Terlalu banyak drama, bosan, dan banjir informasi tak relevan adalah beberapa alasan pengguna Facebook mengambil waktu istirahat dari situs jejaring sosial terbesar di dunia itu, demikian hasil studi yang dikutip dari kantor berita AP, Rabu (6/2).

Laporan dari Pew Research Center’s Internet and American Life Project menyatakan, sekitar 61 persen pengguna Facebook mengambil waktu untuk menjauh dari situs tersebut –setidaknya untuk beberapa minggu – atas alasan yang berbeda-beda.

Penelitian yang dilakukan di AS ini menemukan, dari semua orang yang menggunakan internet di sana, sekitar 67 persennya menggunakan Facebook. Sementara pengguna LinkedIn sekitar 20 persen, dan hanya 16 persen yang menggunakan Twitter.

Diketahui, pengguna situs perkawanan di internet datang dan pergi. Sebagian pergi lalu kembali, sebagian lain tidak kembali lagi. Sekitar 20 persen orang yang punya akses ke internet pernah mencoba Facebook, tetapi tidak lagi mengunjungi situs itu. Facebook mengatakan, ada sekitar 1,06 miliar pemilik akun di seluruh dunia yang memeriksa akunnya sekali sebulan. Ini termasuk akun palsu maupun akun duplikasi.

Sekitar 20 persen pengguna Facebook merasa terlalu sibuk dengan kegiatan sehari-hari dan menjalani hidupnya, sehingga tak sempat mengikuti update status dan foto teman-temannya.

Alasan lain dari para pengguna yang jarang menggunakan akun Facebook-nya adalah karena masalah privasi dan keamanan, tetapi hanya 4 persen yang mengatakan alasan ini. Alasan lain adalah malas harus melihat/berurusan dengan iklan atau spam.

Sementara Lee Rainie, direktur dari Internet and American Life Project mengatakan, saat ini kian banyak orang yang berkontemplasi dengan waktu dan perhatiannya. Makin banyak orang yang mulai memikirkan cara terbaik untuk menghabiskan waktunya, serta menimbang, apakah sepadan menghabiskan banyak waktu untuk memerhatikan hidup orang lain di internet, kata Rainie.

Walau banyak orang yang mengambil waktu istirahat dari Facebook, namun, kian banyak orang yang menghabiskan waktu di internet. Berikut beberapa fakta terkait pengguna Facebook hasil riset Pew:

– Sekitar 59 persen pengguna Facebook merasa situs tersebut masih sepenting yang mereka rasa setahun lalu.
– Hanya 12 persen yang merasa Facebook menjadi hal penting ketimbang setahun lalu, dan 28 persen merasa, Facebook tak lagi sepenting yang mereka rasa di tahun lalu.
– Delapan persen pengguna Facebook mulai perbanyak waktu istirahat dari situs tersebut karena merasa terlalu sering/lama log in.
– Sebanyak 69 persen mengatakan, berencana menghabiskan jumlah waktu yang sama menggunakan Facebook di tahun depan. Sekitar 27 persen orang berencana mengurangi waktu menggunakan Facebook di tahun depan. Serta hanya 3 persen yang berencana menambah waktu penggunaan Facebook.

Riset Pew ini dilakukan terhadap 1.006 orang dewasa di AS pada bulan Desember 2012.

Penulis: News/AP/NAD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s