Cegah Korupsi, China Larang Iklan Barang Mewah

Foto: Orange

Foto: Orange
BEIJING – Pemerintah China melarang media di negara itu untuk menayangkan iklan barang-barang mewah. Iklan tersebut dilarang karena dianggap mendorong terjadinya praktek penyuapan dengan cara memberikan barang mewah pada pejabat.

“Kami meminta iklan barang mewah dilarang karena iklan tersebut mendorong terciptanya etika yang buruk di dalam masyarakat,” sebut pernyataan pihak Lembaga Penyiaran China, seperti dikutip Reuters, Rabu (6/2/2013).

“Sebagai salah satu benteng ideologi dan budaya di China, media harus mempertahankan peran pentingnya dalam mendidik masyarakat China,” lanjut pernyataan tersebut.

Larangan ini merupakan salah satu kebijakan terbaru yang dikeluarkan oleh Pemerintah China untuk memberantas korupsi yang menggurita di kalangan pejabat. Xi Jinping yang diangkat sebagai pemimpin China November lalu memang menjadikan pemberantasan korupsi sebagai salah satu kebijakan utamanya.

Pada masa awal kepemimpinannya, Xi Jinping dihadapkan oleh banyak skandal korupsi yang dilakukan oleh pejabat China. Oktober lalu Pemerintah China memecat beberapa pejabatnya yang diketahui seringkali menerima suap demi menikmati hidup mewah.

Xi Jinping menyatakan, rezim komunis di China dapat hancur apabila para pejabat tidak bisa menghentikan fenomena korupsi yang kian menggurita. Sebagian pengamat menyebutkan jumlah kerusuhan sosial semakin marak di China dengan makin meningkatnya ketidakpuasan rakyat terhadap pemerintah.(faj)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s